Friday, September 7, 2012

Posted by jinson on 9/07/2012 09:35:00 AM 89 comments
Haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii~

Terinspirasi dari banyaknya orang yang tanya soal dokter kulit SpKK a.k.a dermatolog yang sedang rajin gw datangi tiap 3 minggu sekali, gw memutuskan untuk ngepost review ini. Di FemaleDailyForum udah banyak juga yang review dermatolog gw ini, cuma supaya lebih jelas kenapa dan apa alasannya gw pindah ke spKK ini, gw bakal sedikit (atau banyak) bercerita awal mula gw kenal dunia skincare. yang mana sekarang gw nyesel kenapa gw ke sana dari jaman dulu.

at first, i barely got any skin problem on my face. jaman SMP - SMA satusatunya skin care routine yang gw jalani adalah cuci muka pake ponds warna pink. no acne, no black-whitehead, no enlarges pore. ya paling kusem aja.

masuk kuliah ga beda jauh, cuma akibat pas menjelang SNMPTN suka begadang dan mungkin gw juga stress karena ujian tersebut, jerawat mulai muncul satu dua, tapi ga meradang. beberapa hari juga hilang ga berbekas.

menjelang tingkat dua, gw mulai masuk himpunan dan segala tetek bengek kaderisasinya yang sering banget taken place di lapangan, plus jemurjemuran di bawah sinar matahari. maklum, profesi gw nantinya memang menuntut banyak mainmain di lapangan. waktu itu skincare routine gw masih sama persis sama jaman SMA, padahal jelasjelas kulit gw mengalami siksaan yang lebih parah dari biasanya. bisa ketebak dong apa akibatnya? udah bukan kusem lagi, buluk malah, skin tone gw waktu itu turun sampe 3 tingkat.

bisa diliat foto dibawah ini. foto tahun 2008 itu, foto awalawal gw masuk semester 3. belum banyak panaspanasan. lumayanlah ya kondisi kulitnya untuk orang yang rawat wajah dengan cuci muka doang? kusem sih, haha, yaudahlahyaa. foto tahun 2009 itu waktu gw selesai proses kaderisasi himpunan mahasiswa gw, item kan? kusem kan? buluk kan? sampe sama temen gw aja jadi iteman gw.

naaaaaaah, disini gw mulai tergoda ke skincare clinic!

temen gw itu, ke Natasha. ga sampe sebulan dia kesana, wajahnya cerah lagi, bahkan lebih cerah dari sebelum skintonenya turun. tergiur sama hasil temen gw itu, gw pun ikutikutan ke Natasha.

my skintone evolution during natasha's era

pertama datang ke sana, gw habis sampe mendekati IDR900K. apa yang bikin semahal itu? dokternya disana menyarankan gw untuk microdermabrasi yang harganya waktu itu sekitar IDR400K. facialnya IDR100K dan IDR400K sisanya adalah creamnya yang gw ga tau itu untuk jenis kulit apa dan kenapa gw pake itu. tapi gw ga nyesel sih di microdermabrasi, muka habis itu langsung mulus semulusmulusnya. haha, ya iyalah, ibaratnya kan itu muka kita diamplas pake kristal.

beberapa bulan pake, sekitar pertengahan 2009, perubahannya mulai keliatan. wajah udah ga kusem, skintone naik setingkat, tapi temen gw masih lebih cerah. baru 2009 akhir gw balik ke skintone asal gw dan di 2010 lumayan naik setingkat skintone tapi leher gw masih lebih putih dari muka. problem gw sebenernya itu sih, skintone gw dari mulai betis ke muka itu gradasi makin gelap. jangan tanya deh gimana kalo muka gw dideketin ke betis, bedanya bisa 5 tingkat lebih gelap si muka.


2009, meskipun skintone lumayan naik. cuma muka masih suka muncul jerawat satu dua tiga, cuma ga berbekas. gw pake Natasha ini ga bisa dibilang rajinrajin amat. kalo males ga pake, apalagi krim paginya paling males pake soalnya bikin muka keliatan kaya belum mandi.



2010 - 2011, jerawat udah ga pernah mampir. cuma masalah utama gw belum terpecahkan, yang pingin nge-even-in skintone muka dan leher. menurut gw muka gw warnanya udah mentok segitugitu aja setelah dari 2008 perawatan di Natasha.


2012, berhubung mendekati graduation day. gw jadi rajin pake benerbener rajin ga pernah kelewat sedikitpun. pas konsul ke dokternya bulan maret, gw minta perawatan, dan pas facial biasanya gw udahannya kaya orang korban KDRT merah semua bopengbopeng. tapi waktu itu engga, benerbener cuma dikit bekas facialnya. krim pagi gw waktu itu diganti jadi di jar warna pink muda. pas dirajinin gini, bener aja dong muka gw bajus bajuuuus baaaajuuuus banget, sampe tiap ada kaca gw bawaannya pengen ngaca, tiap bsa pegang muka gw eluselus mulu tuh muka. bisa liat di foto di atas, semuanya bare face yaa, waktu itu belom kenal yg namanya BB cream, hehe. oiya kemarin ada anak FD yg tanya pipi gw ko semu merah gitu, itu bukan garagara perawatan dokter ya, emang udah alami bin natural semenjak kecil kalo kena panas dikit ya kaya begitu. tone dasar gw emang pinkish. sukses deh pingin cling pas wisuda.

part of my used natasha's product


sekitar bulan mei akhir, semua cream Natasha gw habis. gw merencanakan untuk lepas dari Natasha setelah baca thread Natasha di FD. sebelumnya gw ignore aja spider vein yang mulai kenatara di bawah bibir, ujung mata, samping jidat, sama deket kuping gw. ga kebayang deh kalo makin banyak dan harus laserlaseran segala. kulit gw mungkin udah menipis dibanding dulu.

pas lepas ini, gw ga break out sama sekali. mungkin karena emang biasanya gw pake Natashanya juga ga rajinrajinn amat. jadi kulit gw juga ga ketergantungan karena kangen sama si Natasha.

nah, yang bikin muka gw malah bermasalah tambah paraah kaya ini ::

adalah krim jerawat dari dokter Cucu.

Jadi, ceritanya gw coba apply BBcream pake brush. Brush ini bekas nyokap gw. Dan emang dasar gw masih bego soal make-up (sampe sekarang juga sih), gw pake aja itu brush ke muka tanpa gw cuci dulu. Walhasil brush yang lumayan tajem itu, nusuknusuk poripori gw dan kotorannya masuk dan taaaaaaaaaaaadaaaaaaaaaaaaa besoknya gw jerawatan di pipi kiri tiga biji dan pipi kanan sebiji. bisa diliat difoto, bagian depan muka gw yang ga dipakein krim, bersih total seperti biasanya. cuma di pipi aja yg trouble.

ade gw, emang pake krim dokter ini. kata dia, dia cukup totol aja di jerawat, besoknya langsung kering. gw pake si krim di jerawat gw. karena jaraknya deket, akhirnya gw smear aja itu krim rata ke daerah yang ada jerawatnya, ga cuma di mata jerawatnya doang. gw bawa tidur. besoknyaa, itu area yg gw olesin krim jadi kaya foto di atas. muncul jerawatjerawat gede bin gatel tapi ga bermata nanah dan ga bengkak ngeradang sakit. dan akhirnya gw simpulkan, itu bukan jerawat, tapi semacam alergi gitu, masalahnya emang ga bermata dan gatelnnnyaaa gilagilaan.

waktu itu gw coba sabar dulu dan pake skincare yang ada dirumah, dari mulai Etude AC Clinic sampe Innisfree Jejubija Trouble ga mempan. yaiyalah, karena ternyata itu bukan jerawat, tapi alergi. desperate, gw mulai caricari dokter kulit yang bagus di bandung. sempet pingin coba Tabita, Rich Amor, dr Teddy, dr Liem Fenny, dr Cankerty, akhirnya atas saran dan juga tergiur muka sahabat baik gw yang juga koas, gw terdampar di dr Agus Walujo, spKK Griya Geulis Dustira.

pertama kesana, kenapa? murah. dan pasiennya buanyaaaak. dokternya meyakinkan pula, mukanya putih bersih ceraaaaah, ganteng pula. hehe~ gw kesana dikasih ::
  1. Day Cream :: CDT
  2. Night Cream :: CLE
  3. Facial Wash :: Facial Wash A
  4. Toner :: Toner A
  5. Acna Care
totaltotal IDR400K-an, obatobatan IDR170K, acnacare 130K, dokternya antara IDR90K-IDR120K lupaa. dokternya juga ngejelasin masalah kulit gw apa dan rencana dia gimana tahapan ngobatin masalah gw itu. dr Agus responsif banget, benerbener berasa ke dokter kulit beda waktu ke Natasha yang kaya skincare clinic.



from Griya Geulis, June 14th 2012


seminggu pertama pake ini, semua alergi jadi kempes dan gatel berkurang. tiga hari pake malah nyokap sama ade gw bilang gw cerahan. komedo putih jadi muncul ke permukaan dan gampang diambil. yang paling gw takjub adalah oil control dari krimnya! biasanya di skincare sebelumnya, kalo bangun pagi habis pake NC, pasti jadi tambang minyak. ini engga! krim dokternya nyerep ke kulit. dan DCnya bikin matte sama sekali ga oily sampe reapply siangnya.
first week with Griya Geulis, June 22 2012


Mendekati waktu konsul kedua, di minggu ketiga. Muka benerbener udah kering total dari alergi. Terus kulit udah mulus, halus enak dipegang meski belum rata + licin. Konsul ke dokter berharap dikasih pencerah ternyata belum. Oiya gw sebelum konsul sempet panaspanasan di pantai dan ga pake sunblock karena gw pikir si krim dokternya udah bersunblock. eh ternyata tidaaaaaaaaak dan akhirnya pas konsul ditambah sunblock. Gw sempet beli krim paginya tanpa konsul dokter, soalnya cepet abis garagara dipakenya dua kali sehari.
  1. Day Cream :: CDT
  2. Night Cream :: CLE
  3. Facial Wash A + Toner A (masih ada)
  4. Sunblock :: SBCG
  5. Peeling Jessner
  6. Cream Pasca-Peeling
Di kali kedua ini konsulnya cuma bayar IDR60K, mungkin karena udah jadi pelanggan kali ya itungannya. Terus ditawarin peeling, mungkin karena muka udah lumayan rata dan terus malah kusem garagara panaspanasan. Peelingnya yang anti acne, IDR120K termasuk cream pasca-peeling yang dipake sebagai pengganti krim malam untuk 2 hari setelahnya. Totaltotal habis IDR330K, harga creamnya naik dari IDR40K jadi IDR50K.

Nah foto dibawah ini 2 minggu setelah konsul kedua. Keliatan si alerginya udah rata, ga nonjolnonjol lagi. Tinggal bekasnya doang.


cuma setelah konsul kedua ini, gw malah bruntusan di pipi deket idung dan dagu. malah di daerah problemnya ga masalah sama sekali. bruntusnya ga mainmain, banyaaaaak banget. padahal gw ga pernah bruntusan sebelumnya. puncakpuncaknya seminggu sebelum jadwal kontrol ketiga. muka gw benerbener parah kondisinya. mana muncul jerawat pula gede di dagu dan pipi, hancur lebur deh beneran ga pernah kaya gitu gw sebelumnya. saking ga tahannya gw majuin jadwal kontrol gw yang harusnya hari jumat jadi hari senin di minggu yang sama. yang gw rasain sih, sunblocknya ga cocok.

July 23 2012, kontrol ketiga. Dokternya terlihat puas dengan kondisi muka gw. padahal gw pingin nangis. Muka gw udah ga oily tapi masih kasar jadi dia ga kasih pencerah. Gw ngeluh si bruntusan itu, terus dokternya nyaranin minum ACNACARE lagi dan dia ngeganti sunblocknya.
  1. Day Cream :: CDT
  2. Night Cream :: CLE
  3. Facial Wash A (warnanya jadi biru)
  4. Sunblock :: SB2
udah ga dikasih toner lagi, karena muka gw udah ga oily. total semuanya IDR250K. IDR190K buat obat dan IDR60K fee dokternya. setelah diganti pun masih aja tetep ga cocok si sunblock . kayanya gw emang ga cocok pake physical sunblock.

keajaibaaaan dimulaaaai. minggu pertama setelah konsul, muka gw cerahan. bruntus mulai mengering yang di pipi. pas gw perhatiin ternyata bruntus itu ngeluarin komedo putih yang mendem di dalem. karena setiap bruntus ngering, pasti ada komedo putih yang muncul. tinggal dicuil dikit langsung keluar. setiap habis pake NCnya muka kenyel, halus. tapi pas dipakein DC, malah bruntusnya keluar dikit. yang gw perhatiin sih kayanya DCnya ini cuma semacam moisturizer doang karena tiap cuci muka, muka gw kering banget habisnya. akhirnya gw akalin DCnya gw pake tipis banget dan cuma pagi doang, siangnya engga. 

Oiya, kulit muka gw ngelotok, tapi ga perih. gw aja ga sadar sebenernya, cuma ade gw nanya itu kenapa banyak kulit kering disekitar mulut. jalan minggu kedua, sekarang, bruntus di pipi udah hilaaang total, tinggal di dagu doang. mudahmudahan minggu depan yang di dagu juga ilang total sebelum kontrol lagi, biar dikasi pencerah sama dokternya. hehe~

muka gw cerahaan, skintonenya udah sama kaya leher gw. =D so far sih gw puas banget sama hasil dari dr Agus ini. terutama oil controlnya. mungkin pas kemarinkemarin masih purging, tapi ya dasar emang harus ditekunin kali skincare tuh jangan karena jerawat dikit, bruntus dikit langsung nyerah. foto gw yang terbaru nyusul ya, nanti kalo udah sampe rumah gw upload.

edited :: add photos after 3rd visit to Griya Geulis




NY's thought on Natasha 

  • facialnya juara! bersih, nyaman, ramah. include head, face, back, shoulder massage. range harga IDR76K - IDR130K.
  • microdermabrasi dulu IDR390K sekarang IDR540K.
  • chemical peelingnya enak dikasih kipas angin dan dipegangin sama terapisnya. range harga IDR200K-an.
  • fee dokter gratis.
  • tempatnya nyaman dan ga pake ngantri.
  • krim pagi bikin muka keliatan kucel dan merah kalo kena sinar matahari.
  • facial wash ga bikin muka ketariktarik
  • toner bikin muka merah dan perih
  • krim malam bikin muka jadi tambang minyak pas paginya, cuma setelah cuci muka kerasa moist dan kenyal
  • konsultasi dokternya kurang begitu informatif
  • dan gw mengalami spider vein setelah 4 tahun perawatan
  • cukup mahal treatmentnya
  • range harga produknya IDR40K - IDR100K, cuma temen gw kemarin krim malemnya ada yang IDR200K
  • dokter sangat menganjurkan treatment tiap kali konsultasi
  • berat untuk kantong mahasiswa, haha~
  • banyak diskon apalagi kalo gold member atau masih mahasiswa


NY's thought on Griya Geulis

  • dokternya banyak pasien, jadi ngantri. tapi konsul dilayani mau berapa lama juga tiap pasien.
  • harga krim @50K, lainnya @40K
  • fee dokter IDR60K
  • treatmentnya muraaaah, facial 90K, micro 180K, chempeel 120K
  • oil controlnya juara!
  • tempatnya jauh, satu di dustira, satu di batununggal.
  • facial wash bikin muka saaaangat ketarik bin kering
  • toner ga perih
  • semua creamnya nyerep di muka, ga bikin tambang minyak ato merah iritasi, matte
  • dokter tidak menyarankan treatment yang kita ga perlu, meskipun kita minta juga ga dibolehin

tapi menurut gw, buat readers yang belum kenal beginian. jangan tergiur. logikanya, misal muka ga bermasalah terus ke dermatolog, muka jadi terbiasa dimanjain sama krimkrim dan tibatiba muka mengalami masalah yang parah, kirmkirm tadi udah ga ngaruh lagi. dosisnya harus lebih tinggi, yang mana dosis tinggi hanya diberikan sama dokter kulit. jadi mau lepas dari dermatolog dan pake skincare pasaran udah ga mempan. solusinya? pindah dokter kulit lainnya dan jadinya malah lingkaran setan kan? selama masih bisa disembuhin sendiri, pake cara alami, natural, ato dengan bantuan skincare masal, mending jangan ke dermatolog dulu. jangan jadi nyesel kaya gw! coba aja dulu pas taun 2008 kusem itu gw ga ke Natasha, mungkin gw ga bakal pernah kaliyaaa ngalamin purging parah sampe bruntusan gede ato jerawat alergi segala macem. spider vein pulaa.. dan susah kan mau lepas dari dermatolognya juga. 

sama kaya sakit flu, kalo setiap sakit kita minum obat, lamalama daya tahan tubuh berkurang kan?




edited :: progress on Griya Geulis

August 27th 2012, kontrol keempat. OK gw heran sebenernya kenapa kok kondisi kulit gw di semenjak di dokter Agus ini agak roller coaster. Minggu ini bisa clingcling, minggu berikutnya bisa mendadak banyak bruntus. Satu hal yg gw notice, gw ga pernah jerawatan di dagu, tapi entah kenapa sekarang jadi ada. Gw sedikit curiga ada kandungan tretinoinnya di krim malem. Sebagai ex-pengguna Natasha yang katanya mengandung steroid, krim yang mengandung treti bisa jadi boomerang sebenernya. Steroid bekerja menekan tumbuhnya jerawat, jadi kalo ada jerawat mau muncul mendem lagi. Akibatnya banyak kan yang jadi mendem dibawah kulit. Nah sedangkan treti ini membantu mengeluarkan bibitbibit jerawat itu jadi jerawat or whitehead dan dikeluarin di permukaan kulit. Tau dong gimana akibatnya ex  pengguna steroid dipakein treti? Yah purging! 

itu masih spekulasi gw doang, dan akhirnya gw memutuskan untuk jadi pasien pintar dengan menanyakan semua hal yg perlu ditanyakan ke dokter. sebagai pasien kita punya hak untuk tau apa aja kandungan krim yang dokter kasih dan efeknya gimana. awalnya gw cuek aja, cuma setelah mendapat banyaaakbanyak ilmu di FemaleDaily, gw jadi penasaran juga.

akhirnya kemarin waktu kontrol gw tanya, "dok, krimnya pake tretinoin ya?". dr Agus bilang, iya emang pake tapi dengan kadar rendah, 0.025%. karena gw mengalami pengelupasan ringan dan ga kentara, gw tanya juga krim mana yg bikin pengelupasan. ternyata krim malem juga. mungkin ada AHAnya kali. krim pagi isinya clindamycin yang berfungsi melawan bakteri, terus ditambah entah apa untuk pengontrol minyaknya. kontrol kemarin,

  1. CLE day cream :: IDR50K
  2. AW50 sunblock and vitamin :: IDR50K
  3. Peeling Jessner :: IDR100K
sunblock gw diganti lagi, karena menurut dr Agus, masih terlalu oily. bedanya SBCG tuh tekstur Gel, SB 2 tekstur krim, AW50 ini krim juga cuma lebih cari dari SB 2.

pas peeling waktu penyerapan obatnya dilamain sama beautician, karena gw bilang pas peeling pertama gw sama sekali ga ada gosong habisnya. bener ajaaa, setelah waktunya ditambah gini, muka gw jadi gosong dimanamana dan kulit kering item, kaya yang kebakar matahari. bagus deh, pengelupasannya banyak berarti. =D

overall, gw ngerasa purging gw kelamaan. mungkin harusnya gw dikasi krim dengan treti 0,05% mengingat gw cukup lama perawatan di dokter sebelumnya. treti paling rendah biasanya dipake untuk kulit yang perawan, belum pernah ke dokter kulit sama sekali. karena CDT isinya cuma 0.025% treti, pantes aja kurang ngaruh di gw, bukan berarti ga OK. efek cerah dan healing acnenya bagus, cuma pengelupasannya ga terlalu kentara.

nanti gw post foto terbaru gw, tapi kalo udah ga gosong ya ni muka. emang harus sabar soal jerawat ini, apalagi gw ex Natasha yang diobatin pake treti, purgingnya lama beneeeer.



edited :: progress on Griya Geulis


Sept 9 2012,review dua minggu semenjak chempeel jessner.Setelah masamasa gosong dan ngelupas yang sumpah jeeelek banget, muka memang langsung putih. Bukan cerah lagi, tapi beneran putih. Muka gw yang tadinya jauh lebih item dari leher yangmana leher gw lebih item dari dada, sekarang udah sama tonenya sama dada. Seneng? Iyalah pasti, tapi ada embelembel ga enaknya. Di daerah yang mengalami peeling  dan gosong paling parah, muncul jerawat batu yang ga bermata. Dear God, apalagi sih ini? Gw ga pernaaaaaaah kaya begini. Ini jerawat kaya gini kan sakit dan paling ngeselin, karena kita ga tau apa dia bakal mateeeng ato malah kempes sendiri. Bruntusan emang udah ilang sama sekali dan kulit gw dari bibir ke atas udah keliatan sehat, glowy, putih, dan poripori merata, udah ga oily lagi. Tapi yang jadi pertanyaan besar buat gw, kenapa sekarang jadi banyak jerawat batunya?

notice ga? muka gw cerahan jauh, bahkan lebih putih dari leher sekarang. kondisi pori gede pun membaik, jadi ga terlalu segede dulu. dan udah ga oily, jadi ga kusem. cumaa ya itu, jerawat batu dimanamana.


OK, to be honest i almost give up on Griya Geulis. Griya Geulis memang ngasih gw solusi untuk jerawat alergi yang di foto waktu itu gw post, kempes dan ga berbekas sama sekali sekarang dalam waktu yang relatif cepat.

Yang gw note adalah,
  • Produk basic yang dikasi merupakan produk basic yang sama dengan keluaran immortal cosmedica or theraskin. Gw ga terlalu yakin of which one, tapi gw yakin diantara dua itu. Dus pengiriman, jenisjenis krim, pot krim, sampe yang paling bikin gw yakin, semprotan serumnya pake botol yang sama dengan thera punya, botol semprot warna biru. Cuma memang ada kode krim khusus yang memang itu diracik spesial sama dokternya, krim kode C dan AW, soalnya di thera/immo ga ada krim kaya gitu. Gw bukannya mau bilang hal ini jelek, tapi lagilagi sebagai ex-pengguna Natasha dimana Natasha ini keras, produk basic dari Thera or IMMO ga cukup keras untuk kulit gw yang terbiasa dengan dosis or kandungan yang lebih kuat. Untuk mereka yang belum pernah perawatan, produk basic ini justru ideal, karena dosisnya masih mild. Untuk gw, perlu waktu panjaaaaaaaaaang sama produk basic ini bisa ngobatin, and i want to make it fast.
  • Tidak diizinkan facial selama terapi basic ini mempengaruhi sama kecepatan kinerja krim loh! Dan itu baru gw sadar sekarang. Meskipun kalo facial muka jadi bolong dan pori gede, tapi krim kerjanya lebih efektif karena masuk mengobatin langsung melalui lukaluka habis facial. Mungkin kalo gw facial, ga bakal timbul jerawat batu gini.
  • 4 bulan perawatan dengan kondisi naik turun dan sekarang malah membuat gw jerawat batu sudah cukup membuat gw sadar kalo gw butuh terapi yang lebih keras. I’ll give it a try sampe krim terakhir gw habis. Karena mungkin aja jerawat batu ini adalah reaksi natural dari si chempeel. Kalo diliat muka gw emang better, kaya g berjerawat, tapi maaaaaaak sungguh ini jerawat batunya nyutnyutan.


Me highly recommended dr Agus for those of you who havent tried dermatologist treatment at allProduknya beneran mild dan punya oil control yang tokcernya gw kasih jempol empat! Apalagi kalo gada masalah jerawat, bisa cerah dengan waktu relatif singkat, 3-5 minggu. Kalo ada jerawat, yaa longer, tapi bearable ko. Pengelupasannya micro, ga keliatan sama sekali kecuali diperhatiin. Harga merakyat meski di pabrik lebih murah, haha~

Untuk yang pernah perawatan, apalagi Natasha, siapsiap aja purging di dr Agus. Alasannya kenapa bisa baca review progress di atas post ini. Daaaaaaan purging ini berada di posisi yang bagus, karena menetralisir efek krim sebelumnya, jadi kulit bisa sehat bebas jerewi secara alami, cuma itu dia it takes a long long long way to go.


some thought..
bingung habis ini mau kemana, sempet mikir Rich Amor. katanya bagus, Cuma gada jaminan untuk jerewi bisa cepet or engga. Karena prosesnya sama, ngehealing dulu pake Tretinoin, sama kaya dr Agus. Dan gw ga tau apa Tretinoinnya cukup keras ga untuk gw. Sempet juga mau pake Tretinoin murni cem retin-A, Cuma keknya gw butuh someone to consult on. Jadi, gw putuskan untuk ke dr Dian di ERHA or RS IMANUEL. Soalnya temen gw ke dia dan katanya, enak diajak konsul, plus jerewi+bruntus temen gw udah sembuh sekarang.
Ada yang ke ERHA? Boleh share dong di komen. =)


till next review~~

89 feed backs:

  1. sista... masih penasaran sama yg namanya spidervein.. penasaran bentuknya.. :O

    ReplyDelete
  2. Spidervein itu pembuluh darah di muka yg keliatan jelas di permukaan kulit, akibat iritasi karena pengelupasan berlebih. Kulit jd makin tipis. Biasa munculnya di bagian muka yg kulitnya relatif tipis dibanding yg lainnya, kaya ujung mata, sekitar hidung, dagu.

    Bisa googling. Cmiiw ya~

    ReplyDelete
  3. Say klinik griya geulis yg di batununggal tepatnya dmn ia? Kejauhan yg di cimahi heeeehee

    ReplyDelete
  4. namanya griya geulis chrysallis.
    ga tau dimananyaa.. haha.. kalo ga salah di klinik chrysallis. @natasha34

    ReplyDelete
  5. kuk senasib y say. ak juga jd breakout sma persis kayak kamu setelah berhenti. cuma yg plg masalah si skrg bekas2nya itu item2 n merah2
    mo treatment di skincare2 laen jg takut ketergantungan lg #dilema

    ReplyDelete
  6. @nuruchusu
    itu breakoutnya bukan garagara lepas natasha dear nuruchusu. =)

    ReplyDelete
  7. say, muka aku jerwatan tapi setelah ke dr.cankerty udah mndingan cuman prosenya lama, skg mau pindah ke dr.agus tapi masih bingung takut ga cocok. minta pendapatnya dong say? soalnya kamu kayanya udah pengalaman di dr.agus makasi :)

    ReplyDelete
  8. @novia
    aku g berani rekomen klo masalah kulit kamu jerawat, ditambah pernah kena krim dokter lain.

    karena aku juga g tuntas perawatan d dr agus dan pindah ke erha.
    untuk kenapanya bisa dibaca di atas, "yg gw note dari griya geulis".
    mungkin griya geulis g cocok d aku krn aku butuh kombinasi krim yg lebih kompleks utk "melawan" reaksi krim Natasha. Istilahnya kulit aku udh kebal krn udh lama di natasha, jd perlu penanganan yg lebih kompleks.

    Aku g tau dr cankerty dimana tingkat "kekerasan" krimnya, kalo memang setara or lebih rendah dari dr agus, mungkin kamu bisa cocok dan cepet progressnya di dr agus. Sekali lagi, aku g bsa kasi pendapat apaapa krn kasus kita beda. Yg namanya skincare kan cocokcocokan. =)

    Makanya di atas aku tulis, rekomen dr agus utk pemula yg kulitnya masi perawan. Soalnya ratarata tementemen yg keracunan aku utk k dr agus pada berhasil semua perawatan disana. Karena kasusnya beda.
    Tapi kl menurut aku, kl kamu udh cocok d dr cankerty, terus aja dsana, susah loh cari yg cocok gtu. Kl keluhan kmu progressny lama, bsa dikonsulin ke dokternya, nanti pasti dikasi dosis yg lebih tinggi menyesuaikan kondisi kulit juga.

    ReplyDelete
  9. Hai niyaa...kita sama loh, dulu ak juga sempet 5 taun di natasha, dan bener aja spidervein di pipi muncull, akhirnya aku ke Erha degh, sama dokter Savitri...
    Kondisinya hampir sama kyk kamu, setelah lepas dr natasha lgsung bruntusan dimana2...untungnya cocok sama beliauu...hihihihi

    ReplyDelete
  10. @mutmut
    oiya? udah berapa lama di erhanya?
    dikasi krim apa ajaa? waah seneng yaa udah cocok, mogamoga aku cocok jujaa di erha. =)

    ReplyDelete
  11. @madaniya...
    sist...di dr.Agus waluyo tu melakukan tindakan medis juga gak ya??...kyk dermaroller gt¿¿...

    ReplyDelete
  12. pengalaman bgt ya km sist, ak br coba natsha ni, gr2 krim udh mulai abis dan duit jg mengering, liat pengalaman sista jd mikir2 mau ke natasha lgi,

    ReplyDelete
  13. @penghuni ruang
    iya, di dokter agus ada tindakan juga. tapi ngantrinya gilagilaan, facial aja bisa sampe sebulan. lagipula harus konsul dokter dulu sebelumnya, ga bisa bebas langsung minta tindakan.

    ReplyDelete
  14. @ekha
    ga perlu mikirmikir lagi, sebelum efek ke depannya makin numpuk. =)

    ReplyDelete
  15. @madaniya aduhh kok sama banget ya sama aku, aku pake natasha udh 4 tahun dari aku SMA dulu, terus sekarang munculkayak jerawat tapi kok gateeel banget, disekitar pipi deket telinga sama dahi :(

    aku harus gimana ya sist, berenti atau gimana ya sist :(

    ReplyDelete
  16. Sista... Aq skrg lg prawatan di dr.agus.. Aq cmn 2 kali konsul kesana'y cmn beli2 cream doang.cream yg aq pk dari dr.agus CLE,AW-A,C3 ama dr.AW 50 , facial wash'y sama am yg ky sista pk.
    Awal2 aq pk cream dari dr.agus aq nyaman puassssss bgt n bnyk org yg blg wajah aq cerahan jd bagus deh. Tp kok lama2 tiap abis pk cream ky tambang minyak yaaa..

    ReplyDelete
  17. @nia
    ya berentilah sayang. =)
    ga perlu ragu lagi.

    ReplyDelete
  18. @fitri
    FYI, aku udah ga ke dokter agus lagi ya, udah lama banget. =)
    kenapa cuma dua kali konsul? kalo ada masalah, mending konsul aja, toh murah kan fee nya dibanding spKK lain. bukannya apaapa, dengan sering konsul dokter bisa tau perkembangan kulit kita dengan lebih cermat. jadi tepat penanganan dan pengobatan yang dikasih. =)
    nih kan kamu ada keluhan, jadi berminyak, nanti pasti kalo konsul kamu ngeluh gini, diganti kombinasi krimnya. kalo ada masalah tapi ga dibilang, ya salah kita sendiri kan kalo masalahnya jadi merugikan diri sendiri? konsul aja dear~ namanya juga perawatan.

    ReplyDelete
  19. Sistaaa.. Kalo ttg dokter Rasmia gmn? Tau ga infonya? Aku perawatan kesana tp hasilnya kurang memuaskan, komedo yg putih2 dan keras ga ilang2, paling ilang kalo habis facial doang, stelah itu semingguan muncul lg, kapan mulusnya coba muka aku. Trus jrawat msh sering muncul, muka berminyak bgtt. Trus agak mahal juga sih. Tdnya aku mau pindah k dokter agus, tp jd dilema

    ReplyDelete
  20. Sist dulu aku pny jerawat 2 bji trus ke griya geulis trus ilang satu tmbuh satu trus aja kaya gto. Sampe aku ganti 4 dokter tp malah jd iritasi.. Dan sekarang aku perawatan di natasha udh hampir 3bulan dan ntah knp kulit muka saya mengelupas..
    sebaiknya lanjutin di natasha ato jgn yah ?

    ReplyDelete
  21. Mau numpang share nih, saya sekarang baru 16 thn tapi saya sudah mengalami berbagai macam hal tentang kulit. Awalnya Gara" pengin punya muka putih + porcelain kaya artis korea saya pun mencoba berbagai macam perawatan mulai dari yg natural ('sumber : googling + dll' = muka jadi jerawatan, pori" besar, dll & ga cocok) sampai dermatolog (gagal + ancur). Yg dari dermatolog itu keras banget, soalnya muka saya langsung ngelotok ga kira" & awal" perawatan muka saya gatel banget + merah" , tapi sebulan kemudian langsung mulus walaupun kaya ada luka gitu. Dan hampir 1 taun akhirnya saya ga tahan sama ngelotok & gatel"nya, akhirnya saya pun bereksperimen dari artikel" + hasutan" dari yg lain & muka saya yg ga bermasalah jadi sangat" bermasalah sampai saya ga sekolah berbulan" gara" malu muka saya jerawatan, pori" besar, komedoan, semuanya deh, malah hampir seluruh muka saya sampai kaya ada luka bakar, (mungkin gara" saya abis facial terus pake sulfur). Ya salah saya juga nyampur" perawatan & ga mau sabar nunggu. Akhirnya saya frustasi & ga pake" apa di muka saya, saya cuman membilas/cuci muka sama air tanpa campuran apapun + diet sehat + olahraga, pertama"nya semua kotoran" + masalah" kulit di muka keluar semua (mungkin dulu pake perwatan yg aneh" jadi masalah" kulitny ngendep & akhirnya pada keluar). Alhamdulillah udah 3 bulan semuanya berkurang drastis, sekarang cuman tinggal bekas + sisa"nya , & tinggal menunggu sebentar lagi untuk sembuh total (Wish me luck).

    Coba sist kulitnya diistarahatin bebrapa minggu/bulan, jangan pake apa" dulu selain cuci muka/bilas muka sama air biasa/air hangat. Soalnya bisa aja masalah" kulit itu muncul gara" kulit setress kebanyakan pake yg macam". Soalnya terkadang hal yg baik bila berlebihan akan menjadi kurang baik. Semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  22. @dsn
    aku ga pernah ke dr rasmia jadi ga bisa bantu, setau aku dia agak strict.

    @elsya
    kalo baca di atas harusnya tau gimana tindakan selanjutnya. =)

    @hasanah
    thx for sharing. bisa diterapkan untuk usia kulit yang masih "muda". sayang banget masih muda tapi udah experimen ini itu. kasian kulitnya. normalnya orang di atas 25 taun yang baru mikirin kaya ginian. aku juga termasuk yang salah langkah dulu.

    ReplyDelete
  23. kalau ke dokter agus harus janjian dulu ya? kalo di sana boleh ga kalo cuma facial aja, ga ikut perawatannya? boleh minta CPnya griya geulis ga? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. CP bisa diliat disini :: http://the222782madamniya.blogspot.com/2012/08/dermatolog-review-natasha-griya-geulis.html
      fotonya cukup jelas ko.
      dia praktek tiap senin-jumat. ga janjian dear, datang aja lsg, antri banget soalnya. kalo janjian percuma kl pas dipanggil gda orangnya harus antri juga tetep. kayanya ga bisa cuma facial doang, soalnya bukan klinik kecantikan, tpi dokter kulit. yg diresepin dokter utk facial aja waiting listnya bisa sampe 3bulan soalnya.

      Delete
  24. kalau griya geulis prakteknya jam brpa sampe jam brapa sist?
    thanks b4 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di zoom di foto http://4.bp.blogspot.com/-L38OkQDdRuc/UBn8lCsLklI/AAAAAAAAAUM/kN67fo93nKU/s400/DSC07470.JPG

      Delete
  25. sist kalo d tlatenin pake cream dari natasha tanpa perawatan kayak micro, cem peeling, dll gt
    jerawat ma bekasnya bisa ilang gak ??

    thx :-)

    ReplyDelete
  26. hai mau ikut sharing juga.. aku udh 23 bulan pakai natasha. Dan 3 bulan terakhir ini tiba2 jerawat kecil2 di dahi, jerawat gede2 di pipi dkt telinga kanan dan kiri. mirip bgt dgn yg ada di fotonya mbak madaniya. dan anehnya tiap bln dtg ngeluh kw dokternya,mlh disuruh facial plus peeling yg otomatis item2 mkn byj. dan tiap hr bgn tdr pst gatel bgt.
    untung bgt aku baca FD dan blog kamu mbak. aku langsung berenti dan udh 2 hr ini bnr2 stop smua produk Natasha. Sampai 2 hr ini, jerawat blm nambah lg dan mulai membaik. sepertinya mau ikut mbak ajah periksa ke erha.
    Doakan semoga berhasil di Erha.Kebetulan saya org bandung jg tp lg kerja di Pontianak. Semoga dokter disini bisa membantu.

    ReplyDelete
  27. pengalaman aku juga sama dengan mba Cyndinelly, aku 23 tahun tinggal di bogor, aku baru pake produk natasha 3 bulan belakangan, skrg muncul jerawat di bagian dahi dekat rambut sampai selingakaran deket telingan dan tulang rahang, setiap kali kontrol ke natasha dokternya selalu bilang itu karna saya pake kerudung, padahal aku selalu jaga kebersihan pakaian n kerudung. lalu terakhir kontrol aku disaranin sama dokter natasha untuk perawatan chemical peeling. setelah baca tulisan mba Madaniya aku jadi takut untuk ngelanjutin ke natasha. dan aku juga ngerasain hal yang sama yaitu krim pagi natasha bikin muka jd kelihatn seperti belum mandi, biasanya aku pakai krim pagi itu jam stgh 8, nah waktu jam 10an muka aku mulai terlihat kusam dan sangat berminya, memang sih wajah aku tipe wajah berminyak, ini berarti natasha ga memberikan efek apa2 ke muka aku yah. aku bingung harus gimana dan hal apa lagi yg harus aku lakukan. ada saran ga ya? boleh minta emailnya mba Madaniya ga, pengen share lebih jauh nih, email aku facute9@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kemarin aku terakhir kontrol dan kebetulan krim pagi aku udah habis, lalu kmren dokternya ngasih krim pagi yga level 3 alias dosis yg agak tinggi mengingat jerawat yg tumbuh di sekitar dahi dan skitar telinga dan rahang, baiknya gimana ya? makasih

      Delete
    2. untuk tanyatanya bisa via http://www.formspring.me/madamNiya ^^

      Delete
    3. Halo farrah, mau ngelanjutin nih. aku baru make krim natasha sih sebulan. Dan mungkin 3 bulan pertama, jerawat kamu itu dikeluarin semua kali ya?

      mungkin kamu pernah pakai produk2 dokter lain sebelumnya?

      share dong! aku juga pake natasha soalnya.

      Delete
  28. Aku umur 17 tahun,baru sebulan pake natasha,sekarang kulit mukanya jadi kelopek kelopek,terus muka jadi merah,kalo make krim dimuka rasanya perih banget,itu kenapa ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo say, lam kenal yaa.. ikutan sharing pengalaman yaa..
      setau aq, kondisi kulit masing" orang pasti beda", jd efek 1 krim ke masing" individu jg pasti beda..

      kulit kelopek/ngelupas bs jd dia ada kandungan retinoid/HQ yg efek nya bisa ngelupas, ada jg efek kandungan obat yg buat kulit sensitif jd merah" atau cekit"..

      mending km request product buat kulit sensitif... progress nya emang ga secepet dgn kandungan kadar tinggi, tp yg pasti kulit aman say..

      Delete
    2. hai khairunissa!
      umur 17 udah ke dokter kulit? waw. salut aku.
      emang masalah kulit kamu parah dear?

      kalo reaksi obat kaya gitu, ya artinya kulit kamu ga kuat dana rtinya pula obatnya dosisnya ketinggian.

      saran aku, selama kulit kita permasalahannya masih "berable" mending jangan dulu ke spKK apalagi umur kamu belum dua puluh loh. adik aku aja dimarahin waktu ke dokter kulit, akhirnya cuma dikasih sunblock aja.

      Delete
  29. halo mbak, aku raina dari semarang.

    dulu pas aku masih SMP aku jerawatan banyak banget, trus ke dokter kulit di rs tlogorejo semarang (lupa namanya, cewek, praktik hr sabtu jam 10-11) selama 2-3 tiap 3 minggu sekali dan langsung sembuh. obatnya cuma kapsul sama salep (yg tempatnya kayak tube counterpain kecil).

    jerawatku parah, ada yg kecil, gede, paling banyak di pipi, tapi di dahi, daerah T, bawah bibir, ada semua.

    habis perawatan, kelas 2 atau kelas 3 SMP, jerawat yang kecil2 kelupas semua. muka jadi bersih, tapi jerawat yang gede muncul satu per satu dan gantian. muka baru bener2 insaf dari jerawat sekitar kelas 2 SMA.

    sekarang jerawatannya cuma pas PMS, alhamdulillah juga gak ngganggu2 banget, yg aneh malah sempet pas kelas 3 SMA (skrg udah jarang) aku sering jerawat batu di tempat lain selain muka (misal: telinga, leher (sering bgt krn berjilbab), dan punggung). Kayaknya pertahanan mukaku udah bagus banget jd jerawatnya mesti pindah ke bagian lain.

    yg di semarang coba ke dokter ini aja ya, recomended banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, ini contoh dokter yang OK nih. sesuaikan resep dengan umur dan keperluan. obat kapsul dan salep. mungkin obat kapsulnya itu isinya Zinc atau sejenis doxyplus sama meticor, itu cuma multivitamin aja supaya kulit terhindar dari acne. obat salepnya masih ingat ga dear apa namanya?

      kalo jerawat dibagian lain, biasanya karena keringat sama alergi Rayna. ga ada hubungannya dengan "pertahanan muka" =). untuk dibadan sama leher gitu pake sabun mandi yg banyak mengandung triclosan sama sulfur aja, bisa sebamed atau lifebouy.

      Delete
  30. Sis, aq punya problem jerawat udah dari zaman sma x yaa.. ada karna pengaruh hormon, sama emang kayanya pencernaan kurang bagus.. jd kulit ga mulus...

    aq ke perawatan dokter spkk di purwokerto, daerah limas agung.. ni dokter udah ada dari zaman aq smp.. secara nyokap punya problem flek tebel...
    sepaket murah kok, cuman 250rb.. udah paket lengkap..
    kulit muka super oily, jerewi banyak...
    pake ini jg ga rajin" banget, tapi ampuuuh banget...

    Hehe, mengingat pengalaman skincare aq udah dari tahun 2002'an waktu lulus sma.. pernah coba" krim gajebo, sampe kulit jd tipis.. tp belom sampe spider vein sich..

    sekarang aq banyak saranin produk ini ke kalangan temen yg ex natasha juga..
    cocok say, soalnya jg kebetulan dokter kenalan tante dokter kulit di klinik menteng-jkt, ternyata obat nya dia pake juga sama...

    yawda.. sekarang mesti pinter" cari skincare yg bener" sesuai, termasuk sama budget..

    yang mau sharing" pengalaman skincare yuuukkk cusss... ^,^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas kita perlu aware apa kandungan dari skincare yang kita pakai. kita berhak tau loh kandungan dalemnya apa aja sampe berapa persen tiaptiap ingredients dalam campurannya.

      pastikan dokter dan kliniknya terpercaya. bersertifikasi ijin praktek dan apotek. soalnya banyak juga loh dokterdokter yg nawarin krim gajebo. ini pernah aku alami sendiri.

      Delete
    2. sist selain di purwokerto nggak ada ya?

      Delete
  31. Bagus banget blog ini, adik saya udah spidervein. Dan dia mulai umur 16 pake perawatan natashadan kalo gak pake langsung brutusann. Skarang saya tau dari mana asal mula brutus adik saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiknya dikurangi aja pemakaiannya, sayang umurnya masih muda.

      Delete
  32. kakaaa. pas merah merah itu kan gara gara BBcream, trus pake cream jewarat dari dr cucu.
    tetep ga bisa kan ya. kenapa ga kembali ke natsha ka ??

    ReplyDelete
  33. Ka, di griya geulis itu dokter agus praktek nya dari jam berapa ya? Makasih ^^

    ReplyDelete
  34. Ka, aku gak pernah perawatan apa2, paling cuma cuci muka pake ponds, tp kok wajah aku tipis ama ada spider veinsnya ya. Thanks buat blog nya, tadinya aku mau coba Natasha tp masi mikir-mikir lg si.

    ReplyDelete
  35. Hay ak jg dlu pas muka ku jerawatan ak k rasmia alhamdllh hasilnya bner2 memuaskan ,tp stelah itu muka ak ada jerawat 1 ,2.kenapa jadi jrawatan gni gra2 ak g sabaran ak pindah ke rs melinda. Eh nyatanya ktanya mu bantu ilangin malah makin banyak jrawat komedo,stlah itu ak pindah lg k rasmia. Ya lumayan mendingan muka ak tp msi ad sedikit komedo pengobatanya tahapnya lumayan lama.karna rasmia jauh dan muka ku masi aga bnyk komedonya ak pindah k dr agus. Gria geulis stelah 1 bulan eh ternyata g cocok muka jd bintik2 bnyk komedo. Ak pindah k rasmia lg dan sekarang uda bertaun2 gini blm ada perubahan.aku ngeluh pun dokternya gtu2 aj hmmm. Harus kmna lg ya ada saran :'( ?

    ReplyDelete
  36. sorry nih gw cowo ikut*n hahaha.. muka aku jerawatn tp gak parah kecil2 tp ada bekasnya. aku baru 3mingguan pake natasha . awalnya aku pake krim dokter umi amizah dan dr situ muka gak sembuh2 lebih ancur dr semula merah* plus flek* hitam dimna*.. akhirnya kenatasha dan hasilnya masih sama.. sarannya gimna nih. berhenti apa lanjut yaa.. thank ^^

    ReplyDelete
  37. saya juga pake natasha aawal-awal bagus tapi ketka dihentikan keluar bruntus-bruntus kecil dan lama-lama menjadi jerawat. seperti ketergantungan gitu. jadi yang saya rasakan krim-krim natasha pada muka saya hanya sebagai penahan sementara jerawat yang mau muncul, jika krim tersebut dilepas, jerawat-jerawat tersebut malah bermunculan.

    dan sekarang saya menyadari bahwa muka saya penuh dengan bopeng-bopeng bekas jerawat yang mungkin dikarenakan jerawat-jerawat batu yang dipaksa dikeluarkan pada setiap perawatan facial di sana. Sebelum perawatan di natasha bopeng di muka tidak separah ini.
    Memang mereka memiliki teknologi laser yang konon katanya bisa menyamarkan bopeng-bopeng tersebut. Tapi apakah harus dengan membuat bopeng terlebih dahulu di wajah kita yang dulunya tidak berbopeng. Jadi tidak akan ada habisnya perawatan di sana kalau begitu

    ReplyDelete
  38. hai niya..gara-gara baca postingan ini aku langsung ke dr agus dong buat ngatasin kulit keringku. dan kebetulan deket banget sama rumahku. Reviewnya, enak banget konsulnya dan as u said, doi responsif abis. tapi antri pasiennya naujubilah ya, ampe sejam lebih loh aku nunggu.. belom keliatan sih hasilnya karna baru dua hari pake :)))

    btw, jarang loh ada anak terra girly dan care banget sama kulit,hehe..salam kenal dari img04 :)

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. aku sekarang lg perawatan di Natasha kurleb 5 bulan tapi gak ada perubahan,,bintik2 hitam bekas jerawatn masiha za ada,,n setiap mau DPT pasti aku jerawatan 1-2 dan alhasil itu jerwatan bikin bintik2 hitam lg deh bekasnya,,,makin banyak deh tuh bintik2 hitam bekas jerwatanya...

    Rencana karena ga ilang2 ini bintik2 hitam, aku mau pindah dokter ke dr.Suud, SPKK Jl. Rakata katanya seh baguss tp gak twu tuh budget nyah brp?apa ada yg pernah perwatan disana??aku cuman pengen ngilangin bintik2 hitam di wajah supaya warnanya merata jadi gak bala gitu alias kotor sama pengennya seh setiap mau DPT gak usah pake ada jerwat dulu dehh...

    ReplyDelete
  42. padahal mukanya dr awal udh bagus tuh pake natasha ngapain pindah2 jeng? krn pindah itu makanya jd alergi. natasha bagus kok :). nah kalo udh perawatan tetep aja terus pake krimnya. terus diselingin perawatan alami, misalnya pake madu ke muka. krn madu sangat bagus untuk wajah :). tp pilih madunya yg bisa buat wajah ya. contohnya madu Sari Bunga Alami.

    ReplyDelete
  43. kalo dilihat itu makin kurus yah sis? hihihii

    ReplyDelete
  44. blog ini yang bikin aku batal ke natasha and coba dokter inong di cibubur jakarta , :D

    informatif dan runtut banget....

    ReplyDelete
  45. haaaiiii sistt..

    tadinya saya punya renca mau ke natasha ,tapi masih binggung takut jadi salah perwatan,, ada yang bias rekomenn ga ??

    makasihh.. :)

    ReplyDelete
  46. Hei sist bs minta no telp griya geulis batununggal??dr.agus tiap hari ya??tau ga jdwlnya??k dr.agus ga ktrgntungan kan,dulu sy k erha n sngt ktrgntungan,thnx

    ReplyDelete
  47. @ imma

    ini no tlp yang di batununngal 022 72572522,katanya klo dr agus dibatununngal adanya sore dari jam 5 sampe jam 8 malem

    ReplyDelete
  48. udah 6 bulan pake natasha. belum penah peeling or facial cuma pke krim ajah. tp alhamdulilah baik2 ajah. takut mau peel. jadi pake krim ajah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah 2tahun lebih aku pake natasha . Pertama aku pake natasha karna alergi debu , merah2 . Pertama aku dikasih yang buat berjerawat dan komedo . Aku disaranin facial aja . Udah habis gitu mukaku udah sembuh . Sampe skg aku udah ga pernah alergi , jerawat ya pernah laaaah . Tapi cuma sedikit . komedo ya pernah laah tapi juga sedikit . Facial cuma 1 tahun 3x . Alhamdulillaah laaah mukaku cocok . Terus aku juga jarang2 pake nya . Yaa ga ngefek apa2 ituu . Pernah ga pake seminggu soalnya pas itu lagi opname dirumah sakit. Ga ngefek apa2 ituu mukaku . Terus aku tanya temen2ku yg jenguk aku kalo mukaku kumus2 ga ? temen2ku jawab ga kumus2 dan masih mulus . Padahal 1minggu lo ga pake . Nah yang katanya krim pagi bikin kayak ga mandi , Aku ngakalinnya . Pake krim pagi , sunblok , terus aku pake bedak bayi tabur . Mukaku tambah mulus banget . Temen2ku banyak yang suka megang mukaku . Sampe skg aku ga pernah yang macem2 Dinatasha . Cuma buat yang jerawat terus facial pun jarang banget . Ga berani yang chemical pelling , dll . Duuuh ga berani . Tambah tipis mukaku entar . Kasian mukaku . Jadi intinya cocok2an . Aku masih belum bisa percaya kalo natasha itu keras karna bahan2nya . Ntar aku tanyain dokter lebih jelas kandungan di natasha apa aja.

      Delete
    2. udah 2tahun lebih aku pake natasha . Pertama aku pake natasha karna alergi debu , merah2 . Pertama aku dikasih yang buat berjerawat dan komedo . Aku disaranin facial aja . Udah habis gitu mukaku udah sembuh . Sampe skg aku udah ga pernah alergi , jerawat ya pernah laaaah . Tapi cuma sedikit . komedo ya pernah laah tapi juga sedikit . Facial cuma 1 tahun 3x . Alhamdulillaah laaah mukaku cocok . Terus aku juga jarang2 pake nya . Yaa ga ngefek apa2 ituu . Pernah ga pake seminggu soalnya pas itu lagi opname dirumah sakit. Ga ngefek apa2 ituu mukaku . Terus aku tanya temen2ku yg jenguk aku kalo mukaku kumus2 ga ? temen2ku jawab ga kumus2 dan masih mulus . Padahal 1minggu lo ga pake . Nah yang katanya krim pagi bikin kayak ga mandi , Aku ngakalinnya . Pake krim pagi , sunblok , terus aku pake bedak bayi tabur . Mukaku tambah mulus banget . Temen2ku banyak yang suka megang mukaku . Sampe skg aku ga pernah yang macem2 Dinatasha . Cuma buat yang jerawat terus facial pun jarang banget . Ga berani yang chemical pelling , dll . Duuuh ga berani . Tambah tipis mukaku entar . Kasian mukaku . Jadi intinya cocok2an . Aku masih belum bisa percaya kalo natasha itu keras karna bahan2nya . Ntar aku tanyain dokter lebih jelas kandungan di natasha apa aja.

      Delete
    3. cocok berarti dikamu, anyway sis kamu udah pernah perawatan di tempat lain atau baru di natasha doang?

      kalau masih muda sih memang betul,pakai krim aja dulu :D

      Delete
  49. Halo sis, aku ikutan coment ah. Kok rata2 pada sama ya kasusnya. Brenti dari natasha muka bruntusan parah. Awalnya kulitku cenderung normal smpe aku kuliah tingkat 3. Tugas makin menggila, muka gag karuan dan jerawat mulai pada nongol. Atas hasutan temen2 kmpus akhirnya aku nyoba ke natasha. Setelah muka ku normal kembali, aku mutusin untuk berenti make dan beralih ke pelembab biasa. Tau gag sis, di muka ku jadi banyak bintik2 merah kecil berair kayak iritasi gitu, di dagu sama pipi, gatelnya minta ampuuuuun Tuhan, rasanya pengen tak garuk2 pake sikat. Uda gitu muka ku jadi gampang merah. Pokoknya lepas dr natasha bikin muka ku jadi hiper sensitive skin. Akhirnya aku nyimpulin sendiri klo uda kesentuh sam krim perawatan gitu, uda deh susah lepasnya. Ku pikir cm aku yg ngalamin, ternyata ada banyak yg sama menderita seperti ku. hehee... Akhirnya aku mulai berburu pelembab alami buat kulit sensitive. Ketemu lah The Body Shop Aloe Vera. Lagi masa percobaan make pelembab ini. Dingin dan ringan cream nya. Baunya lembut, dan yang terpenting "no animal testing". Semoga cocok deh. Saran ku sih, kalo masalah muka nya gag parah2 banget, mending pikir2 dulu klo mau mutusin perawatan klinik. Apalagi klo jerawatnya cuma 1-2 biji. Salah-salah bukannya tambah bagus malah tambah rusak sis. Lagi pula aku pernah baca, gag ada cream yang bisa ngatasin masalah wajah sekaligus. Makin "all in one" suatu produk, justru malah semakin berbahaya dlam hal sensitivitas kulit. Klo uda sensitive, suuuusaaaaah balik ke kulit normal lagi. hehee.... semoga bermanfaat sis.

    ReplyDelete
  50. Menarik banget blog beserta comment2nya :') , bisa jadi pelajaran buat yg kulitnya belum terkena masalah, terimakasih :D

    ReplyDelete
  51. iya setuju sama kamu mba mayang, blognya recomended bgt :)
    tadinya aku pengen ke natasha juga, tapi setelah baca ini jadi mikir2 lagi, mending perawatan alami aja dirumah ga perlu muka sekinclong porselin deh daripada ntar malah berefek kemudian hari :D

    ReplyDelete
  52. aku salah satu pengguna natasha dulu, berhenti gara gara pengelupsan yang parah banget smpe buat senyum aja sakit banget mana perihnya bukan main. konsul sama dokternya udah 3x suruh ganti ganti cream terus, sampe ahirnya aku buang ke tong sampah semua krimnya saking keselnya. muka selama 3 bulan ngelupas kering, dan ahirnya aku pake cra alami, pake lidah buaya tiap hari dan setelah 3 bulan itu kulit baru mulai kembali tumbuh, jerwat aku jdi hilang muka jdi bersih,, gmw lagi deh pake natasha.
    ahirnya aku mutusin buat pake wardah, tpi mungkin karna aku udah pake natasha, jdi ga mempan pake wardah dan jdi bruntusan. nex gw dpet rekomen ke alana, muka mulus sih, kenyal, tapiiiiii mukanya jdi item dan kucel, sekarang aku juga lagi bingung harus kaya gmna, niatnya mau ke dr, rasmia, tpi aku masih bingung , aku takut lgi kasus kaya natasha.. ada yg bisa kasih saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sarannya sih sis, harus pakai 1 produk kali yah. terus setau gue ( asumsi aja sih ) krim natasha tuh keras, entah keras yang dimaksud apa. hehe

      jangan pakai krim nya banyak2 kali yah,

      terus sebelumnya sista pernah perawatan selain di natasha?

      share dong! :D

      Delete
  53. Makasih buat review nya mba.. aku baru pake natasha 3 bulan. Mungkin perubahannya cuma mengurangi jerawat aja. Dan yang menjadi masalah, karena kulit saya berminyak, pas pake krim pagi, kulit wajah jadi mengkilat, apalgi ditambah sunblok, makin berminyak banget. waktu ditanyain ke dokternya, pasti tampak mengkilat karena kulit berminyak, dan dokternya ngasih masukkan biar pake oil control, produk natasha juga. jadi tiap pagi pake oil control, krim pagi dan sublok. Hasilnya.. ttp berminyak. Dan produk natasha itu ga sedikit pun mencerahkan wajah, bahkan wajah jadi lebih gelap dari sebelumnya.. :(
    Perawatan di sana ngabisin banyak duit banget.. T____T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kamu jarang kena matahari, Jangan pakai sunblock sis! gitu sih kata dokter natasha aku.

      muka berminyak nya parah gak sis? share dong

      Delete
  54. Kalo d natasha cumaa facial pencerahan aja gimana sis ?

    ReplyDelete
  55. Aku baru umur 16 tahun. Kemaren abis ujian nasional sempet stress berattt banget dan sekarang persiapan masuk kuliah lebih stres lagi.. Jerawatku jadi muncul dimana mana, yang dulu di jidat ga ada sekarang malah ada banyak lagi. Trus aku kegoda make naturalgreen punyanya siau hong, yang lulur wajah sama masker wajah.. So far aku pake ga ada perubahan.. Mamaku malah udh ngedumel gatahan sama muka anaknya, apalagi kmaren waktu jalan sama mama,papasan sama mamanya tmenku, dan besoknya dia nelfon makaku bilang gini : bu, anaknya kok mukanya gitu banget? Ga diperiksain ke dokter apa ?
    Jlebb makin gatahan emak gue pengen permak muka gue.. Dan akhirnya emak gue mutusin kita harus ke natasha.. Tapi setelah baca ini gue takut. Dan fix ngebatalin ke natasha. Jadi kira kira saran yg bagus buat saya gimana ? Apa saya lanjut perawatan naturalgreen siauhong? Krna yg saya liat lulur sm maskerny kayaknya alami, soalnya kalo saya biarin gtu banyak semut yg ngerebutin.. Plis kasih saran saya ga tahan sama keadaan ky gini

    ReplyDelete
  56. Aku dulu perawatan di dokter rully ponorogo.. tapi setelah aku berhenti makek jerawat pada keluar semua... semua muka penuh jerawat komedo dan bopeng2 nich.. mau ke natasha jadi ragu baca 2 pengalaman kalian..... saran donk please

    ReplyDelete
    Replies
    1. @eka : knp brenti sis.??emg slm prwtn di dr.rully g ngefek kah.?

      Delete
  57. Aq jg berenti dri natasya....skrg pake herbal za

    ReplyDelete
  58. Mengerikan liat muka temen ancur aq jdi takut deh.....yg alami"aza skrg asal rutin n bersih dah alhamdulilah....

    ReplyDelete
  59. haiii.. aku mau share juga, aku ga pernah pny masalah dgn kulit muka ku dari kecil sampe orang selalu nanya "kok kulitnya bagus sih?" tp setelah umur aku terjun ke modeling aku mulai kenal make up dan pake make up dan ternyata mukaku ga cocok pake make up krn sensitif akhirnya wajah aku yg semula mulus berubah jadi bruntus2 krn sebel sama bruntusan itu aku iseng keluar2 in tu beruntus pake alat komedo yg alhasil malah jadi jerawat. kyk mimpi buruk rasarnya akhirnya aku memutuskan buat pake cream Flaminggo beli di temenku. Tp bruntus ma jerawat bukannya ilang malah kulitku jadi makin putih yg ga natural sama sekali. Saya dapet rekomendasi dari temen buat ke Dr. Agus Walujo saya perawatan disana selama 2 bln, memang ada pengaruh jadi lebih baik jerawat mulai ilang tp ngga dgn beruntusnya yg masih merajalela tp Dr. Agus tetep blm mau kasih tindakan buat facial. Aku pun menyerah dan akhirnya sekarang saya lagi nyoba di Wijaya Skin care. Memang harga nya cukup murah dibanding natasha dan erha dan cukup memberi hasil yg lumayan walaupun aku blm sampai ke kata "puas" krn prosesnya memang lama bruntus di wajah aku masih muncul walaupun tiap 2 minggu sekali aku facial. aku lagi nyoba buat sabar dulu dengan harapan muka aku bisa pulih kayak semula

    ReplyDelete
  60. Ada yg pernah pakek rich amor gakk... mohonnn hasilnya donkk.. mksihhhh

    ReplyDelete
  61. Arif bagus sichh... tapi jauh dari tempt ku skr...

    ReplyDelete
  62. Sist. Aku baru mau nyoba ke griya geulis nihh, umur aku 20 th, muka aku sih alhamdulillah ga jerawatan, cuman ada bintik2 hitam, ga tau apa. Emang sih kaka aku juga ada bintik hitamnya, dan pas dia prawatan di erha. Katanya itu bintik karna dari genetik. Nahh aku mau nanya sist, klo aku coba buat berobatin muka aku juga slah ga ya? Baru pertama mau nyoba ke GRiya geulis. :) mksh

    ReplyDelete
  63. Aku belum tertarik perawatan intensif di skin care atau dokter, karena khawatir efek samping karena kulitku termasuk sensitif. Facial di salon jarang2 karena perih2 ama gatal. Pakai make up juga jarang2 karena jerawatan ama gatal2. Problemku selama ini kulit kusam, pori2 besar, banyak komedo ama bekas jerawat yg menghitam. Sekarang ini lagi nyoba ditreatment Galvanic spa ama temenku yg member Nuskin. Lumayan sih, kulitku nggak bereaksi negatif. Nggak perih, malah kenyal, adem dan pori2 mengecil. Udah beli polishing peel Nuskin untuk microdermabrasi. Nggak perih pas dipakai, harganya terbilang hemat dibanding facial di salon (sebotol cuma 312 ribu bisa buat beberapa bulan perawatan). Ini lagi nabung buat beli alatnya galvanic spa sekitar 4 jutaan. Ada yang udah pernah intensif pakai nuskin g?

    ReplyDelete
  64. Kami merupakan distributor produk perawatan kecantikan kulit dan wajah alami Dr Rochelle Skin Expert di Jakarta. Cream Dr Rochelle sudah terbukti aman dan efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah.

    Sudah banyak yang membuktikan khasiat produk kecantikan yang satu ini, bahkan beberapa artis ibu kota mempercayakan perawatan kecantikannya pada produk dr rochelle skin expert.

    Untuk pertanyaan dan pemesanan silahkan hubungi :
    Venny
    +62818-0820-0038
    Pin BBM 24C41045
    www.drrochelleskinexpert.com

    ReplyDelete
  65. Hai ak mau share. Ak ud 2 taun perawatan di erha. Dlu jerawatku penuh sluruh muk. Smpe buat ngegaruk aj udh g ad lokasi lg. Tp semenjak ke erha cm 1 bulan lgsg bersih total. Bahkan tanpa bekas.

    ReplyDelete
  66. OoooOooowwww
    Untung cari2 tau dlu...
    Niat mau nyoba k natasha, tp langsung mengurungkan niattt
    *maklum pemula, gk prnah pkai / ke dr. manapun
    Cuma msalah kusam aja,,
    Blik ke prawatan tradisional aj dehhh

    *sedikit berbagi info, mudah2an brmanfaat...krna udh trbukti brmanfaat buatku :)
    klo tumbuh jerawat bisul,
    coba parut wortel, aplikasikan ke wajah seperti menggunakan masker *sebelumnya basuh wajah dg air hangat
    Tunggu sampai kering lalu basuh dengan air dingin/ air es

    InaAllah bisa berkurang dan cepet kempes,, walaupun prosesnya gak se instan prawatan dokter pd umumnya
    *tpi yg pasti tanpa efeksampig &ketergantungan

    Silahkan dicoba, siapa tau bermanfaat..

    ReplyDelete
  67. hihihi , share sedikit tentang review dokter kulit nih ya ,
    mana tau bisa bantu kalian buat kasih masukan ,
    kemaren aku ke CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare , dr.winaly christy sp.kk . spesialis dokter kulit hasilnya bagus dan ga bikin aku ketergantungan , aman banget sist , ,
    soalnya jerawat , lobang bekas jerawat n komedo ku udah nggak ada lagi sejak ke CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare ,
    temen2 ku yang punya jerawat , komedo . flek , lobang bekas jerawat , keriput , pori besar , sembuhnya di CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare . dr.winaly christy sp.kk
    muka putih bersih , bercahaya gitu setelah aku pakek 2 minggu'an , hihihihi ,
    klo gak slh website ny : http://www.cylecutsukushi.com , cek jeeeeeee , , , ^^^^^^^^
    bisa di beli online juga sih , aku kalo males ke klinik biasanya by sms , tinggal transfer , trs di kirim ,
    enaknya di klinik ini , gratis konsultsi , heheheh ,

    aku benar benar udh kapok k klinik kecantikan lain , udh k erha , Natasha , ketergantungan , hiksss , , ,
    untung aja ketemu CYL.ec utsukushi , skrg bs lebih pd walau tanpa make up dan bedak ,

    ReplyDelete
  68. Ada yg pernah ke dokter erni ga ? Saya jg perawatan di dokter agus, hasil selalu fluktuatif padahal udah lumayan lama hasilnya blm jg memuaskan


    ReplyDelete