Monday, July 8, 2013

Posted by jinson on 7/08/2013 03:20:00 PM 145 comments


well, hi!

this post is the continuation story from my dermatolog review, Natasha& Griya Geulis.

setelah menyatakan give up perawatan di Griya Geulis, gw akhirnya pindah ke ERHA. dengan pertimbangan, jenis produk yang dikasih bukan basic, tapi benerbener dikhususkan ke masalah kulit masingmasing pasien. Paling utamanya, ditangani oleh spKK ! bukan dokter estetika biasa. Gw percaya kandungan ERHA akan cukup keras jadi bisa ngefek ke kulit muka gw yang cukup lama pake Natasha.

Ada beberapa pertimbangan spKK di ERHA. Kebetulan temen gw, baru beberapa bulan ke ERHA dan menunjukkan progress yang OK, dia punya masalah kulit yang nyaris sama kaya gw. Dia ke dr Dian Puspitasari, spKK. Menurut dia, dokternya bisa dicerewetin, dalam artian mau denger keinginan kita asal kita banyak komunikasi sama dia. OK, mungkin spKK di ERHA yang lain juga sama seperti itu, tapi berhubung mungkin pasien dr Dian ini ga sebanyak dua spKK lain, jadi dia punya waktu lebih untuk mendengar keluhan pasien. Beberapa temen gw yang lain ex pasien dr Fattah yang kemudian pindah ke Dr Savitri. Memang kalo baca review dari blog orang juga, dua dokter ini yang paling sering dikunjungi. Pertimbangan gw sih, kalo dr Dian ga mempan, gw mu pindah ke Dr Savitri, kalo engga juga baru ke dr Fattah. Haha, sesuai tingkat kesenioran ceritanya.

Sehari setelah krim dr Agus abis, gw langsung ambil ancangancang ke ERHA dan akhirnya baru sempet tadi. Dokter spKK di ERHA Cimanuk, praktek juga di Pusat Diagnosa RS IMMANUEL Bandung. Katanya disana harganya lebih miring. Denger info ini, tadi pagi gw ke Immanuel, karena dr Dian praktek jam 9. Setelah registrasi dan ribet sanasini, gw dikasih tau bagian pendaftaran bahwa dr Dian masih cuti! Dan dia saranin untuk daftar dulu aja di sana, ntar spKK mana aja yg duluan dateng, gw masuk langsung. Hoaaaaaaaa, tentunya gw ga mau. Haha, mana itu udah jam 10 dan masih belum ada yg dateng dokternya. Gw liat di ruang tunggu, pasien bejibun ngantri. Beda harga, ga seberapa, tapi musti nunggu lama, kan jadi males. Akhirnya gw ke ERHA Cimanuk.


WHAT TO DO for first-timer like me?
  • Ke meja pendaftaran, tanya jadwal dokter.
  • Bilang baru pertama kali, nanti disuruh isi form biodata dan status pasien. Siapkan ID card.
  • Dikasi nomor antrian dokter dan dipersilakan nunggu di Lobby lantai dua.
  • Setelah dokter datang, akan ada STAF yang manggil nama kita.
  • Masuk ke ruang konsul, ceritakan masalah kamu.
  • Dokter bakal liat kondisi muka di bawah sinar lampu, kita disuruh berbaring.
  • Dokter tulis resep dan menjelaskan cara pakai serta untuk apa obatobatan yang diresepkan.
  • STAF bakal suruh kita pegang kertas dan moto kondisi muka.
  • Turun lagi ke bawah dan ambil nomor antrian warna oren.
  • STAF bakal memanggil nama kita untuk proses pembayaran dan konfirmasi ulang apa aja yang dokter kasih ke kita.
  • Sambil nunggu resep, kita balik ke meja registrasi untuk cetak kartu ERHA.
  • Apoteker bakal memanggil nama kita untuk pemberian obat. Nanti kita diminta crosscheck obat yang ada di bon pembayaran. Apoteker akan menjelaskan cara pakai obat dan ngasih kertas berisi cara pakai obat.


Tadinya gw sempet berpikiran untuk ga jadi ke dokter karena dr Dian baru masuk dari cuti tanggal 16 Sept, which is next week. Tapi gw pikirpikir, krim dokter di rumah abis, daripada breakout parah lagi yaudah gw konsul sama dokter penggantinya aja, dr. Deis Hikmawati, spKK.


Gw ceritakan semuaaaa perjalanan dermatologis gw seperti yang ada di blog. Gw juga kasih liat fotofoto kondisi muka gw dari 2008 sampai sekarang. dr Deis ngasih penjelasan bahwa tindakan penanganan yang dilakukan spKK terhadap satu masalah akan cenderung sama, karena dasarnya sama. Ya pokonya, intinya dia membela dr Agus lah. Haha lucu sih, padahal gw kan sebenernya ga nyalahin dr Agus. Terus gw bilang, menurut pendapat gw krim dari dr Agus kurang keras makanya ga ngefek, dan dr Deis bilang mungkin dr Agus mau ngasi yang simple tapi healing untuk avoiding komplain pasien yang ga suka mukanya memerah pas perawatan krim dokter. Terus dr Deis bilang, nanti juga kalo dia kasi krim yang keras dan muka gw merah pasti gw datang komplain ke dia. Yang kemudian gw tepis, gw ga bakal komplain karena gw tau memang harus merah biar sembuhnya juga cepet. Pas gw tanya, perlu tindakan ato engga, dr Deis langsung menolaaaak, dengan alasan kalo lagi kaya gini ntar di kasi tindakan, dia ga bakal tau kalo merah iritasinya nanti meluas itu akibat obat ato akibat tindakan. Sangat masuk akal.

Setelah debat sanasini, gw akhirnya di kasih resep :

PAGI/SIANG
  1. Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide [BP], price :: IDR76500
  2. Acne Moisturizer Gel 1 [AMG1], price :: IDR76000
  3. Acne Sunscreen Gel [ASG], price :: IDR76000


MALAM
  1. Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide
  2. Corrective Cream 10 [CC10], price :: IDR56000
  3. Acne Face Treatment for Sensitive Skin [AFTSS], price :: IDR61000
  4. Acne Lotion 1 [AL1], price :: IDR66500


OBAT MINUM

  1. Tamcocin 500mg 2x10 capsule, price :: IDR100000



Biaya konsul IDR120K dan biaya registrasi IDR15K. Totaltotal gw keluar IDR647K di kali pertama gw ke ERHA ini. Harga krimkrimnya lebih murah dari Natasha. Jangan dibandingin sama dr Agus, karena kuantitas jar krimnya juga beda. Krim dari dr Agus mungkin Cuma sekitar 10gr tiap jar. Natasha dan ERHA mungkin sama, satu jar 15gr. Terus pas gw liat teksturnya juga, tebel bin kental. Kayanya bisa dipake up to 2 bulan, kaya pake Natasha dulu.

Menurut dr Deis, overall obat akan membuat muka gw kering. Kering ini akan berujung kusam, makanya dia kasih CC10 sebagai NC untuk seling pemakaian dengan AFTSS. CC10 ini untuk mencerahkan muka dan menghilangkan bekas hitam jerawat. Dia kasih yang cukup keras karena gw udah melanglang buana di dunia dermatolog estetis cukup lama, jadi kulit gw pasti lebih kuat sama kerasnya. Yang mana gw happy banget dikasih yang keras, biar cepet dok! Tips dari dia, jangan kebanyakan ngaca, ntar stress, makin banyak jerewinya dan menurut dia jenis jerewi kaya gini masih dalam kategori masalah mudah, tinggal yakin aja kalo ERHA bisa menyembuhkan ni muka.


NY’s FIRST THOUGHT ON ERHA
  • Kliniknya cozy dan modern, meski kurang lapang karena kebanyakan kursi untuk nunggu.
  • Fee konsul dokter a bit pricey, tapi itu standar dokter spesialis emang segitu.
  • Berasa ke dokter kulit beneran!
  • Kemasan produk kurang menarik yaaa, botol putihputih gitu.
  • Ga dikasih tas untuk skincare.
  • Sistem INVOICE sangat lengkap, nama produk dicantumkan, ga cuma kodenya doang.
  • Pelayanan prima, dari staf, satpam, dokter, apoteker, sampe cleaning service mantap. Free WIFI, mineral water, dan banyak majalah untuk dibaca.
  • Harga krim ga mahalmahal amat.
  • Banyak produk yang dipakai untuk satu rangkaian perawatan.
  • Informatif, sampe dikasih kertas cara pakai segala.
  • Banyak pilihan dokter spKK.


Tadi udah cumuk pake ACSBPnya dan SUKA dan mendadak gw langsung yakin, kayanya ERHA bisa nih bikin kulit muka gw kaya dulu lagi. Haha, pray hard! Udah pake semua krimnya gw berkesimpulan, semuanya gampang banget nyerep di kulit dan ga bikin oily at all. Kontrol oilnya ga bikin muka jadi kaku. Terus after applynya, muka jadi haluuuus. SUKA, kaya pantat bayi. Dibagian yg ga berjerewi tentunya. Di jerewinya luamayan bikin reda, dan merah agak berkurang.
Well, gw akan coba dulu ini sepaketan semua, kalo memang membaik, gw bakal terus sama dr Deis, kalo so so, segera ke dr Dian.

till next progress report~





~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~updated 2012.10.17



36 hari sejak gw kontrol pertama di ERHA.

Gimana kondisi muka?

Jerewi batu nan merah sudah hilang, tinggal dua biji di samping hidung. Bruntusan mengering, jadi bekas warna item yang kalo dicuil dikit ilang. Blackhead di hidung hilang total. Poripori di pipi dan hidung mulai mengalami perbaikan. Spider vein masih setia menemani disekitar hidung, tapi yang dibawah mata kanan memudar. Dagu sama dahi udah bebas jerewi, tinggal bekasnya aja di dagu. Overall yang bikin gw terganggu sekarang adalah bukan si jerewi lagi, tapi bekasnya yang merah kehitaman. KENAPA? Padahal gw udah dikasih krim CC yang berisi HQ yg notabene harusnya bikin gw cerah dong? Itu kenapa gw pingin cepetcepet kontrol dan mempertanyakan beberapa hal sebagai berikut,
  • Gw perhatiin, tipe jerewi gw adalah gede bengkak dan ga bermata, dan jerawat kaya gini ilangnya itungan minggu. Gw curiga kalo ini bukan jerawat biasa, haha apa coba, tapi kelainan kulit yang mirip jerawat padahal bukan, namanya Dermatitis Acnevulgaris yang timbul akibat overdose steroid topikal, seperti kata Mbak Mizha. Yang gw penasaran adalah, apakah tipe penyakit ini mendapat penanganan dan pengobatan yang sama dengan jerawat biasa? Bisa jadi kan selama ini kenapa ga sembuhsembuh, akibat active ingredientsnya salah jadinya ga klop sama penyakitnya. Bumps ini muncul disekitaran tempat sama, di spot itu ilang, nanti muncul lagi bersebelahan sama yang sebelumnya, gituu aja terus.
  • Sebelum ini gw di Griya Geulis, dikasih krim dengan kandungan tretinoin 0,025% dan saat mulai di ERHA, di CC10 Cuma dikasih tretinoin 0.001%. Apa bakal ngaruh? Apa ini yang bikin muka gw ga merah padahal seharusnya seperti yang tertera di petunjuk pemakaian obat ERHA, setiap pasien akan mengalami merah, kering, berkerak, dan mengelupas?
  • AFTSS isinya apa? Kenapa gw malah merasa setiap bangun pagi setelah gw malemnya pake AFTSS, muka gw cerah sedangkan pake CC10 malah kusam dekil item? Padahal logikanya karena CC10 itu ada HQnya, harusnya CC10 yang bikin cerah kan.

Dengan pertanyaanpertanyaan itu di benak gw, datanglah gw hari ini konsul ke dr Dian Puspitasari, spKK di ERHA Cimanuk. Ko ga ke dokter deis? Ya memang gw rencananya dari awal mau ke Beliau ini kan. Dan gw merasa butuh second opinion soal kemungkinan gw kena efek overdose steroid topikal ini.


dr Dian praktek jam 10 dan gw tepat datang jam segitu. Ternyata menurut bagian registrasi dokternya ada urusan dan baru bisa dateng jam 11. OK, no problem, gw tunggu. Eh ga berapa lama, baru juga jam setengah 11. Nama gw dipanggil.

Gw masuk dan duduk, dokternya langsung ngeliat muka gw dan bilang bahwa kondisi gw udah mendingan dibanding dengan yang pertama. WAW, gw langsung mikir, ini dokter care ya, dia liat status gw dulu sebelum gw masuk. Awalnya gw berencana untuk menceritakan sejarah natasha dan griyageulis gw , seperti yang sebulan lalu gw ceritain ke dokter Deis. Tapi, gw pingin denger opini dia dulu sebelum gw kasi info tambahan, biar tau dia ngediagnosa gw tanpa terpengaruh. Pas lagi diperiksa, gw bertanyalah soal mungkin ga sih jerewi gw ini akibat overdose steroid topikal. Beliau bilang, oh bukan, ini jerawat biasa ko.

Setelah balik ke tempat duduk dan gw di foto, sepertinya dokternya mulai tertarik dengan pertanyaan overdose steroid topikal gw. Dia terus nanya, gimana sejarah gw sama natasha, mulai muncul jerawat kapan, emang sama dokter agus dikasih apa ko bisa jadi malah muncul jerawat. Gw jawablah baru semuaamua yang dulu gw ceritain ke dokter Deis.

Gw tanya, apa penanganan overdose steroid topikal ini sama kaya acne biasa?
Oh beda! Ga boleh sama sekali dikasih steroid lagi. Dan karena steroid itu berfungsi untuk mengurangi redness jerawat, otomatis karena steroid tidak boleh dipergunakan lagi, redness jerawat harus diminimalisir dengan mengganti semua krim jadi yang tidak menimbulkan iritasi berlebih. Dan memang muka gw sudah dalam kondisi awal yang sensitif, jadi gampang merah. Ini kenapa gw bagus waktu jaman di Natasha, ga merahmerah, ya akibat penggunaan steroid topikal itu. Ini kenapa, AMG1 gw diganti jadi AMG2, AMG1 itu mengandung azelaic acid yang bisa menimbulkan iritasi.
Gw tanya, ko AFTSS bikin cerah, CC10 bikin kusam?
Iya, karena redness gw itu kalo dikasi HQ malah akan bikin bekasbekasnya jadi menghitam dan bisa berakibat berubah jadi flek. Disitu kenapa jadi terasa kusam. Harusnya si CC10 ini hanya diberikan pada dark spot akibat acne, bukan dalam bentuk masih redness kaya gini. Berkebalikan dengan AL1, AL1 ini tidak boleh digunakan ke dark spot bekas jerawat, karena malah bakal bikin spot itu berubah menghitam jadi flek. AL1 ini hanya boleh digunakan pada jerawat aktif. AFTSS, karena untuk sensitive skin, didalemnya ada kandungan steroidnya! Makanya kenapa gw merasa setelah pake AFTSS ini malah jadi cerah muka. Steroid ini memang active ingredients untuk mereka yang sensitive skin, untuk mengurangi redness tadi. Tapi karena gw sudah overdose, maka penggunaan ini harus dihentikan sementara, dan redness dikurangi dengan cara lain.
Jadi complicated ga sih?
Kulit gw sensitif. Solusinya harus pake krim bersteroid. Tapi gw overdose steroid. Redness gw bakal terus ada. Solusinya active ingredients yang bisa memicu redness dikurangi.

Konsul sama dokter Dian ini menurut gw sangat solutif. Benerbener menjawab semua pertanyaan dan semua solusi permasalahannya benerbener masuk akal.

Beda dengan konsul sebelumnya dimana, gw masih dikasih steroid. Padahal penderita overdose steroid akan bereaksi pada semua active ingredients yang dikasi untuk curing efek dari overdose steroid ini. Bayangin. Malem gw dikasih steroid, reda kan rednessnya. Pagi dikasi azelaic acid, iritasi, makanya malemnya pake AFTSS lagi. Steroidnya makin numpuk, jerewi efek overdosenya diobatin memang, tapi karena steroidnya masih dikasih, jerewi efek overdosenya malah makin menjadijadi. Terus rednessnya dipakein HQ, malah jadi terancam kena flek gw. Wadooh, kalo dipikirpikir berarti sebulan kemarin gw pake kombinasi krim yang saling bertentangan satu sama lain dong? Speechless~

Anyway untungnya, dokter Dian merombak semua kombinasi itu, dan akhirnyaaa kombinasi gw mulai saat ini adalaaaah,


PAGI/SIANG
Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide [BP], masih ada~Acne Moisturizer Gel 2 [AMG2], price :: IDR51000Acne Sunscreen Gel [ASG], price :: IDR76000, masih ada~
MALAM
Acne Cleansing Scrub with Benzoil PeroxideAcne Foundation 2  [AF2], price :: IDR76000Acne Gel 2 [AG2], price :: IDR51000
OBAT MINUM
Doxy Plus 30 1x15 capsules, price :: IDR28500
Totaltotal cuma IDR325K, termasuk fee konsul dokter. Muraaaah ya? Haha, ya wajar, orang gw cuma beli 3 items sama satu obat minum yang harganya waaaaaaay cheaper dari si TAMCOCIN. Kalo diambil semuapun resepnya, IDR477,5K, masih dibawah setengah juta. *crying*

ASG gw masih setengahnya, males pake soalnya whitecast. Kaya pake BB cream salah shade. ACSBP yang gw pikir bakal cepet abis ternyata masih banyak. Ya tapi, sebelum dua bulan harus udah abis sih, takutnya active ingredientsnya udah ga senampol pertama beli.

Dokternya agak kaget pas gw bilang semua krimnya abis. Dia langsung menyarankan untuk pake krim tipistipis aja, kecuali AMG2nya. Haaha, baiklah dok, bagus kalo gitu, bisa lebih irit gw ngeluarin duit buat beli krim, dari sebulan sekali jadi dua bulan sekali mungkin? Beliau kayanya udah gatel pingin nyuruh gw facial, tapi kalo sekarang masih takut karena masih ada bumps yang cukup geday. Yang bikin gw senangggggg, Beliau nyuruh gw untuk kontrol intensif, buat tau lebih cepat reaksi obat, perkembangannya, jadi dia biasa menentukan penanganan apa yang tepat untuk kasus overdose steroid gw ini. Jadilah, dua minggu lagi gw kontrol.


Yang agak gw heran, gw dikasih AF2 untuk malem. AF2 ini mengandung foundation alias ada warnanya. Haha, aneeeeh~


Well, wish me luck ya! Mudahmudahan dua minggu lagi progressnya OK.


Till next progress~~~~






~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~updated 2012.10.31


14 hari sejak gw kontrol kedua di ERHA.

Gimana kondisi muka?

dengan bangga dan bersyukur, gw bisa bilang kalo ini muka tinggal berurusan dengan bekas jerewinya aja. rednessnya yang ampunampunan. yang kadang gw suka heran adalah, meskipun gw udah berenti pake krim CC, muka rasanya putihhh banget, dan menurut gw over sih, bukan cuma udah sama kaya tone punggung yang mana dulunya beda 2 shades lebih gelap dibanding punggung, ini muka putihnya udah menuju ke tembok. haha~ bagus sih, cuma ini malah mengganggu banget buat gw karena jadi keliatan kontras banget sama redness jerawat di pipi. selain di bagian pipi itu, muka udah keliatan banget sehat kulitnya. glowy dan udah ga berminyak lagi.

begitu gw konsul ke dr Dian pun, dokternya dengan semangat menginformasikan kalo wah iya muka gw membaik dan akhirnya dengan puasnya beliau ngasih surat pengantar untuk tindakan DPCT. cuma karena beliau khawatir muka gw merah lagi, gw cuma diberi tindakan ekstraksi komedo sama AMG2 sehabisnya. ga di masker dulu.

pas gw masuk kamar periksa, muka gw flushed merah gitu. garagara kepanasan di jalan. dokternya langsung khawatir, apa karena obat ato gimana, terus gw jelasin kalo muka gw emang gampang merah karena kepanasan.

muka gw seperti biasa difoto, tapi sekarang bukan dari depan lagi. tapi fokus ke area rednessnya. setelah ngasih surat pengantar tindakan DPCT yang harus gw lakuin dua minggu lagi, dr Dian memutuskan untuk merombak sedikit adonan muka gw jadi,


PAGI/SIANG
Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide [BP]
Acne Moisturizer Gel [AMG2]
Acne Foundation 2  [AF2]


MALAM
Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide
Acne Foundation 2  [AF2] + Acne Gel 2 [AG2] + Acne Lotion 1 [AL1] selangseling dengan
 Acne Gel 2 [AG2] + Acne Lotion 1 [AL1]

dr Dian minta feedback gw terhadap pemakaian ASG, dan sertamerta gw jawab. whitecastnya gw kurang suka, akibatnya AF2 jadi penggantinya. ditanya juga tentang apa gw gatelgatel pake AMG2 dan nyatanya engga, jadinya dilanjutin. AMG2 ini bakal berubah jadi krim malem selama beberapa hari setelah tindakan DPCT. karena muka gw tinggal redness jerewinya aja, dr Dian memutuskan untuk mengurangi pemakaian AF2nya. huaa ini gw salut loh, beliau memang memberikan seperlunya aja. jadinya gw pake AF2nya 2 hari sekali. terus karena AL1 gw masih ada, beliau suruh pake aja untuk bruntusan di combine sama AG2 untuk jerewi yang lebih gede. prinsip ekonomis banget ga sih? karena masih ada ALnya daripada sayang ga kepake mending dipake aja, haha, suka gw sama dokternyaa.

nah terus gw pikir karena AF2nya dikurangi intensitas pemakaiannya, gw bakal dikasih krim malem lain untuk dipake selangseling sama AF2. CC gitu misalnya, eh ternyata engga, di malam gw ga pake AF2 gw cuma pake AG2 sama AL1 untuk totol jerawat. beliau benerbener konsisten sama perkataannya di awal yang bilang kalo redness belum bisa dikasih CC, untuk prevent si merahmerah itu berubah jadi item. gw rasa setelah gw DPCT, gw bakal dapet adonan baru lagi. mungkin beliau mau liat reaksi obat atas "lukaluka" dari DPCT, makanya seminggu setelah DPCT, ato tiga minggu dari sekarang, gw disuruh kontrol lagi.

walhasil, kunjungan kemarin ke ERHA, merupakan kunjungan termurah gw, total IDR120K untuk konsul dokter dan gw mengantongi surat pengantar DPCT sama petunjuk pemakaian obat yang baru.



see u after DPCT~


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~updated 2012.12.17



HAAI !
a month and half after my last update about my ERHA progress.


2012 November 14
dua minggu setelah kontrol terakhir. dr Dian suruh DPCT, tapi karena muka gw masi merah dan sedikit berjarawat jadinya maskernya diganti. 

TREATMENT
DPCT with oil control serumprice :: IDR200K

DPCT itu singkatan dari Deep Pore Cleansing Technique yang kirain gw tindakan macam apa gitu ya, nyatanya itu salah satu teknik dalam facial. Fokusnya di pembersihan poripori kulit sampe sedalamdalamnya.

Apa yang bakal lo dapat saat treatment DPCT di ERHA ::
  • Pastikan lo dapet SURAT PENGANTAR TINDAKAN dari dokter, karena tanpa surat ini mustahil lo bakal diijinkan tindakan sama si beautician, kecuali lo udah jadi pelanggan ERHA berpuluhpuluh tahun.
  • Booking jadwal tindakan lo minimal satu hari sebelum pelaksanaan. Beautician dan tempatnya disana amat sangat terbatas. 
  • Datang minimal setengah jam sebelum jadwal dan lapor ke petugas pendaftaran, to make sure nomor lo ga dilompat dan digantikan sama orang berikutnya. Ingaaaat, jadwal disana super padat.
  • Tunggu di lantai 3, tempat dimana semua treatment dilakukan.
  • Beautician yang bakal nanganin lo bakal manggil nama lo dan menawarkan apa lo mau ganti baju pake kemben or not. Saran gw sih ganti aja, ga ada salahnya, free of charge.
  • Beautician akan meminta lo untuk taro barangbarang di loker yang tersedia dan ngasih kuncinya untuk lo pegang. Setelah itu dia bakal nganterin lo ke cubicle tempat tindakan akan dilakukan. Yaaa CUBICLE, berisi bed yang dibatasi kanan kirinya sama tirai, macem di UGD rumah sakit. Bukan ruangan privat dengan batas tembok di keempat sisinya.
  • Tindakan dimulai dengan pembersihan muka pake susu pembersih sampai penguapan sebelum ekstraksi komedo. Penguapannya cukup lama, sekitar 30 menit. Uapnya ga terlalu panas, sampe ke level dimana gw mempertanyakan apa si uap ini cukup efektif untuk ngebuka poripori, karena sumpah panasnya g kerasa sama sekali.
  • Ektraksi komedonya ga menyakitkan, ini gw note banget, karena pada waktu itu kondisi muka gw banyak jerawat kecil mendem dan sebagainya. Alat yang dipake agak beda, semacem ada bulatan kecil di ujungnya, jadi proses ngeluarin komedonya bukan diteken dari samping, tapi diteken dari atas dan si komedonya itu bakal keluar pas dari tengah matanya. Walhasil, pas udah selesainya, merahmerah cuma berbentuk titiktitik bulet di area yang habis ditekan, agak lucu sih keliatannya. Cuma rednessnya ga separah kalo pake alat yang satunya.
  • Apply vitamin, pake alat yang plat bulet datar dan agak panas itu loh~
  • Masker time! Ini favorit gw! maskernya peel off, gel yang dingiiiiiiiiiiiin banget. Saking dinginnya gw sampe merinding, hidung agak mati rasa, haha. Enak banget, muka yang panas abis dipencetpencet, adem banget pas dimasker.
  • Scalp massage.
  • Apply AMG2 untuk anti-iritasi post treatment.
  • FIN ! Beautician bakal ngasih collagen mask untuk dipakai seminggu setelah tindakan.
  • Tea time.
  • Turun ke lantai satu untuk bayar ini itu, untuk DPCT ini gw kena IDR200k.
Hmmmmmmmmmmmmmm, overall, treatment di ERHA ini memang lebih bersifat klinis daripada estetis, melihat dari sedikitnya massage yang diberikan. Haha~ Tempatnya kurang higienis sih menurut gw. Beauticiannya juga kerjanya pake penerangan dari kacamata untuk operasi yang di antara kedua lensanya ada small light gitu. Bukan pake lampu gede yang biasanya attached to bed. Mungkin karena suram dan gelap, jadi kesannya kurang higienis. Macem bukan di klinik kecantikan, tapi di salon.


semenjak DPCT itu, gw udah 3x kontrol lagi ke dokter Dian.

pertama, kontrol setelah dua minggu DPCT. untuk liat reaksi kulit gw setelah DPCT itu gimana.
kedua, kontol dua minggu setelah itu. untuk ganti kombinasi obat yang dipake.
ketiga, rabu minggu kemarin. sebenernya gw udah ga perlu kontrol intensif lagi, cuma karena gw mengalami sedikit alergi, jadi gw memutuskan untuk dateng ke dokter Dian dan menghasilkan gw disuruh kontrol lagi tanggal 26. untuk liat apa alerginya udah ilang ato belum.

hmmm, enaknya gimana ya nulis progressnya?
yang jelas, dengan penuh rasa syukur gw akhirnya terbebas dari jerewijerewi itu semua. huaaaa lega, tinggal bekasbekasnya aja sekarang. kulit sekarang udah halus, rata, gada yang mendemmendem lagi, udah ga oily juga, kalo poripori sih masih bandel memang. mungkin gw bakal upload progressnya via foto aja kali ya biar lebih jelas. sekalian gw update setelah kontrol minggu depan ke dr Dian.


till next week~~




~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~updated 2012.12.20




2012 November 21

seminggu setelah DPCT, dokter Dian suruh kontrol lagi. untuk ngeliat gimana hasil si DPCT dan sekaligus ganti krim-krim yang gw pake kalo memang progressnya positif.

setelah DPCT, sebenernya gw malah timbul 2 jerawat gede, satu di tiap pipi. tapi si jerewi ini sembuh sebelum konsul berikutnya, jadi mungkin dr Dian nganggapnya ga da reaksi negatif setelah DPCT ini. takut si dokter mikir gitu, gw kasih tau pas konsul apa-apa yang terjadi sebelum dan setelah DPCT.

PAGI/SIANG
Facial Wash, ERHA2 [RH2]
Acne Moisturizer Gel [AMG2]
Acne Sunscreen Gel [ASG]
MALAM
Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide
Corrective Cream 10 [CC10] untuk dahi & hidung
Acne Foundation 2  [AF2] + Acne Gel 2 [AG2] + Acne Lotion 1 [AL1] selangseling dengan
Corrective Cream 10 [CC10] +  Acne Gel 2 [AG2] + Acne Lotion 1 [AL1] untuk pipi & dagu
kondisi muka memang udah ga ada jerawat mendem, batu, bruntus, ato kecilkecil. meski memang belum semulus gelas kaca juga. cuma udah bisa dibilang clear dari jerawat dan memang tinggal bekasbekasnya. mungkin karena ini juga dokternya ganti facial wash jadi RH2. ACSBP & AF2 statusnya sudah tidak diresepkan, cuma disuruh dihabisin. begitu habis, udah stop sama sekali. AL1 udah ga pernah dipake sama sekali karena memang udah ga ada jerawat kecil. AG2 masih dipake, untuk calon jerawat, biasanya besoknya langsung kempes kalo dioles ini. 

dokter Dian sebenernya bilang gw udah ga perlu konsul ke dia lagi, konsul cuma kalo obatnya habis doang. gw pikir gw bakal disuruh tindakan lain, nyatanya engga. pas gw tanya chempeel & laser, malah dokternya bilang GA PERLU. ini bekasnya udah tinggal dikit juga, palingan pake krim juga hilang sebentar lagi. pas gw tanya ada ga yang bisa dipake sekitar mata, karena kelopak mata gw cekung dan terkesan gelap gitu jd kaya racoon. dokter Dian kerasa banget hasitate untuk ngasih ke gw nya, dan pada akhirnya dia bilang, jangan dulu, mending satusatu masalah aja diselesein perlahan.

di konsul sekarang ini, dokter Dian lebih interaktif lagi. tanpa gw tanya, dia udah jelasin panjang lebar, isi obatnya apa, kenapa pake itu, gimana efeknya, dsb dsb. haha, mungkin karena sebelumnya gw cerewet nanya ini itu, dokter Dian jadi antusias tiap gw konsul.


2012 Desember 12

Emang sih sebenernya gw ga perlu kontrol lagi, cuma muncul satu masalah baru. Kalo kusam sih wajar lah ya karena gw mulai pake CC, pasti jadi kusam dulu sebelum terbiasa. Tapi ini, MUKA GW GATEL BANGET. Gateeeeeeeel banget, awalnya gw biarin aja, pas mulai muncul ruamruam merah bintikbintik macem bentol kecilkecil di seluruh muka, huaaa gw tau nih pasti ada yang ga beres. Entah gw alergi sama salah satu krim ato gimana. jadilah gw konsul lagi dan si dokter pun kaget kenapa gw bisa kaya gitu padahal semua krim yang gw pake sudah pernah gw pake sebelumnya. asumsi awal beliau adalah karena gw udah berenti pake CC beberapa bulan, muka jadi kaget pas dikasih CC lagi. tapi yang gw rasain malah bagian yang ga gw kasih CC, yg malah gatel.

PAGI/SIANG
Facial Wash, ERHA2 [RH2]
Acne Moisturizer Gel [AMG3]
Erhalogy Perfect Shield oily 30g, price :: IDR61K
MALAM
Facial Wash, ERHA2 [RH2]
Acne Moisturizer Gel [AMG3]
Acne Gel 2 [AG2] + Acne Lotion 1 [AL1]

OBAT MINUM
Meticore 2x3, price :: IDR18900
Dan sebenernya gw diresepin ISOTRETINOIN CAPSULE untuk 20 hari. Tapi, denger efek sampingnya dan bacabaca pengalaman tementemen di FD, gw memutuskan untuk ga beli. gw ga nolak juga sih waktu dokternya resepin, soalnya make sense. dokter Dian stop semua acne prevention cream yang gw pake dan malah ngasih gw musuh terbesar kulit gw yaitu steroid topikal yang terkandung di AMG3. ya mau ga mau, gw harus mengendalikan si jerewi dengan cara lain yaitu obat oral, jadilah diresepin si ISOTRETINOIN ini. haha, tapi maaf banget dokter, saya males sama efek sampingnya~

karena muka gw merahmerah gatel, ada kecenderungan alergi krim, dan dokter juga gw sendiri belum bisa tau pasti mana krim yang bikin gw alergi, jadinya semua krim yang gw pake di stop. diganti AMG3 untuk anti-inflamasinya, hanya untuk di daerah merah. dokter Dian wantiwanti banget ke gw, jangan dipake lamalama, kalo udah ga merah jangan dipake lagi. ya karena kandungan steroidnya tadi dan mana gw salahsatu korban overdose steroid, jadi bisa jadi boomerang parah. maunya sih gw ga pake itu AMG3, tapi sumpahhh gatelnya ga nahan. akhirnya gw pake dua hari dan setelah merah dan bentolnya reda gw mulai eksperimen pake krim single used tiap jenisnya, untuk tau krim mana yang bikin gw alergi gini.

so far, gw udah eksperimen sama krim pagi dan kombinasinya sama di sunblock. dan kayanya AMG3 AMG2 ASG PS ga bikin gw alergi, memang sih gatel, tapi sperti biasa itu cuma di beberapa menit awal doang. rencananya sebelum gw konsul lagi tanggal 26 desember nanti, gw juga mu coba kombinasi krim malemnya untuk tau mana yang gw alergi. sementara ini gw curiganya sama AF2, tapi itu pun garagara si AF2 yang gw pake ini udah lebih dari 2 bulan gw pake, mungkin active ingrenya malah berubah apa gimana karena terlalu lama bersentuhan dengan udara luar.

oiyaaaa, just so u know! i'm in love with RH2 & PS! paraaaaaaaaaaaaaaaaaaah, RH2 ini bikin muka haluuuuus banget lamalama kalo dipake. terus sekarang gw ngerti kenapa orangorang yang ga ke ERHA pun cinta banget sama sunblocknya ERHA yang dijual bebas, si Perfect Shield. bisa dipake tanpa moisturizer, bikin kulit jadi glowy, dan cerah. meski ga se cerah dan sebagus ASG pas dipake, ya cuma si PS ini kan gada active ingrenya jadinya no worries pas pake, si ASG kan ada active ingrenya jadi sebaiknya ga dipake dalam jangka waktu lama. oil controlnya bagus dan kaya pake BB cream. cocok nih si PS untuk orang yg suka panaspanasan dan gampang keringetan, ringan banget pas dipake. jadi sekarang gw sunblock gontaganti antara PS sama ASG, kalo lagi pingin keliatan cling banget pake ASG, kalo lg males pake moist pake PS.


oiya, nih fotofoto progress yang gw janjiin. maaf kondisi pas foto pencahayaannya bedabeda. cuma bisa di notice kalo foto sebelum bulan desember, muka gw masih gerinjul dan ga rata akibat bumps jerawat. dan setelah bulan november, meskipun bekasnya masih merah atau coklat, muka gw udah licin dan rata, sama sekali ga ada bumpsnya. fotonya non edited, taken using my iphone front camera.




  • foto 10.17 & 10.23 muka masih gerinjul gerinjul, jerawat kecil,gede, batu, bruntus, bengkak mendem masih ada.
  • foto 11.10 itu beberapa hari sebelum DPCT, tibatiba muncul tiga jerawat gede yang nantinya pas DPCT di keluarin isinya.
  • foto 11.14 itu beberapa menit setelah gw kelar DPCT, perhatiin bekas pencetan ektraksi komedonya bentuknya bulat melingkar kaya digigit nyamuk. kecilkecil ga melebar, cuma di spot yang di pencet aja.
  • foto 11.16 bekas bengkak DPCT mulai reda.
  • foto 11.19 muncul jerawat gede baru di bekas DPCT.
  • foto 11.21 muncul jerawat gede baru yang makin banyak.
  • foto 11.30 semua jerawat reda dan rata, bekas masih merah.
  • foto 12.09 udah ga berbumps, kulit rata, bekas jerawat jadi coklat.
  • foto 12.19 bekas jerawat menipis.


ini muka gw keseluruhannya. maaf ya fotofotonya ada watermarksnya semua. menghindari foto dicomot sama penjual OLS yang gajebo.kalo ga jelas fotonya bisa di klik di foto nanti ukuran gambar asli keliatan, ato kalo mau foto resosusi aslinya bisa email gw. =)



hoaaaaaaaaaaaaa well, kita lihat dokter Dian bakal ngapain gw lagi tanggal 26 nanti~ 




2013 March 14th 


updating my skin visible progress, see it urself through my selcas. i used my iphone cam to take all the photos, without flash and so called editing. sorry, not purposely majangmajang muka sendiri. LOL




Terakhir ke ERHA kayanya januari tanggal 26. Apa yang beda dari resep dokternya adalah karena sekarang gw diidentifikasi sebagai orang dengan kulit DRY (yang mana tadinya gw OILY), sunblock sama facial wash gw jadi di ganti untuk jenis kulit dry.


PAGI/SIANG
Facial Wash, ERHA1 [RH1]
Acne Moisturizer Gel 2 [AMG2]
Erhalogy Perfect Shield dry 30g
MALAM
Facial Wash, ERHA1 [RH1]
Corrective Cream 10 [CC10] -  Acne Foundation 2  [AF2]
Acne Gel 2 [AG2] + Acne Lotion 1 [AL1]

karena terlalu kering, gw juga disuruh pake krim malamnya CC10 gantian sama AF2. tapi karena kulit gw udah ga bersahabat dengan AF2, gw pake CC10 aja tiap malem. awalnya gw kira udah ga gatel lagi pake AF2, emang ga segatel kaya pas bulan desember itu sih, cuma tetep ga enak dan bikin bentolbentol mirip bruntus gitu. entah kenapa bisa tibatiba alergi AF2, padahal ini kan yg gw pake pas masih perangin jerawat. ASG juga, jadi ga nyaman pakenya. perfect shield juga lebih enak yang oily menurut gw, ga terlalu shiny pas dipake.

oiya, gw udah nyaris dua bulan belum kontrol lagi ke Dr Dian. obatnya belum habis, ternyata kalo pakenya ga pake nafsu membabibuta, bisa tahan sampe tiga bulan satu pot itu ya~ AMG2 gw bahkan udah dari bulan desember awal tapi sampe sekarang masih ada sepertiganya.

buat yang email nanya progress kulit gimana, silakan liat foto di atas. bisa nilai sendiri. =) jerewi dah ga muncul lagi. bekas juga memudar (banget!) dibanding sama foto terakhir sebelumnya di tengah desember. kulit mensehat, (kadang) mencerah, mayan ga kucel lah, haha~ skintone merata tapi entah kenapa jidat gw lebih gelap, efek berenti pake poni kali ya?

gw dari desember itu mulai pake eternal lips nya ERHA juga, bagus lohhhh ternyata, bibir jadi ngepink sehat. bukan pink sementara doang. bibir gw kan chapped, sekarang udah ga pernah gitu lagi. recommended!

sekali lagi, foto di atas straight from the phone. tanpa editing dsb dsb, yah paling foto paling terakhir doang yg edit dikit. =p tapi yang lain beneran no edit dan no make-up. cuma pake moist-sb-eternal lips ERHA.


till next progress~~ ^^


2013 June 12 

heyloooo!
4 bulan ga ke ERHA dan akhirnya hari ini kontrol ke Dr. Dian lagi~ sebenernya di rumah masih ada stok AF2 AMG2 AMG3 ASG RH1 AG2 CC10, hampir lengkap semuanya. Paling yang habis cuma PS aja. Cuma yang namanya kulit, kondisinya kita ga tau kan. Perlu dilakukan penyesuaian siapa tau setelah kontrol nanti resepnya beda.

sebenernya sebulan kemarin, komedokomedo kecil mulai muncul di sekitar dagu. semacam whitehead gitu. dan lucunya si whitehead ini kalo dipencet dikit langsung keluar lemak putihnya. panjang kaya cacing, ya macem komedo di idung kalo dikeluarin. nah tangan gw yang gatel ini bandel, tiap muncul si putih itu pinginnya dipencetin mulu, padahal ga semuanya gampang dikeluarin. haha~ walhasil di beberapa spot didagu ada yg merahmerah dikit akibat di pencetin itu.

oiya, kulit gw sekarang cenderung ke arah kering. di pipi, deket mata, deket hidung, dagu suka banyak kulit kering. jadi moisturizernya harus mantep banget, soalnya suka kentara banget si kulit kering ini kalo pake BB cover (iya sekarang gw setelah pake BB Cover Nutritive habis pake PS). 




akhirnya tadi diresepin,
PAGI/SIANG
Facial Wash, ERHA1 [RH1]
Acne Moisturizer Gel 2 [AMG2]
Erhalogy Perfect Shield dry 30g
MALAM
Facial Wash, ERHA1 [RH1]

Acne Moisturizer Gel 2 [AMG2] Acne Foundation 2  [AF2]
Acne Gel 2 [AG2]
 OBAT MINUM
Doxy Plus 100 2x15 capsules, price :: IDR57000
TREATMENT
DPCT with oil control serumprice :: IDR200K

ada yang aneh? iya CC10 gw diberhentikan untuk sementara. karena gw mau DPCT, pasti berlukaluka habisnya, jadi belum boleh pake CC dulu. setelah dua minggu DPCT baru boleh dipake lagi. habis DPCT gw dilarang untuk panaspanasan karena muka gw sensitif dan diminta hatihati sama produk yang pake zat pewarna untuk pemakaian di muka, macem eyeliner, blush on, pewarna rambut, dsb dsb.soalnya gw kadang suka muncul bentol gatel gitu di alis atau di pipi deket hairline, dokternya curiga karena itu. doxy plus nya juga dosisnya ditinggiin, dari 30 jadi 100 terus jadi 2 kali sehari. CC10 malem diganti jadi kombinasi AMG2 + AF2, biasanya AF2 single use sekarang jadi kombinasi.



fotonya nanti ya habis DPCT~ ^^






 2013 July 8 ~ After DPCT

brief update after DPCT, two weeks after. photos taken with my iphone. almost bare face, only useing ERHA Perfect Shield Sunblock.



tanda panah di pipi itu nunjukin dark spot bekas acne scar. tanda panah yang deket hidung itu nunjukin facial scar.


tanda panah bawah dagu itu juga nunjukin facial scar. tanda panah dijidat nunjukin bruntusan akibat biang keringat. nah ini gw penasaran kenapa, udah lama banget ga bruntusan di jidat semenjak ga pake poni.

well thats some small update just because i promised to before. feel free to click the photos for zoom version of them. after all, all of them are resized version from 8MP camera phone.

till next progress!

145 feed backs:

  1. itu gak papa pake obat minum? emang kata dokternya jerawatmu level berapa? soalnya aku dulu jg jerawat meradang lumayan parah, katanya masih level 1 n dokternya gak mau ngasi obat minum krna takut merusak ginjal..

    ReplyDelete
  2. Meriska, itu bukan obat anti jerawat ko.
    Tamco itu antibiotik untuk mencegah alergi akibat pemakaian clindamycin yg berlebihan. Clinda ini zat anti bakteri yg suka adaa di produk anti jerawat. Setau aku, amg1 Al1 aftss mengandung clinda semua, mungkin dokternya antisipasi alergi clinda dgn kasi obat itu.
    Jerawatku ringan kata dokternya. Ternyata memang, setelah pake beberapa hari, udah tinggal nyisa satu jerawat batu, yg lain udah kering. Ke erha juga?

    ReplyDelete
  3. sekarang gimana jerawatny? bekas jerawatny ilang ga? soalny dulu make ke erha juga, jerawat emg kering n ilang tapi bekas merah2ny tetep ada, padahal dr awal konsul uda kasih tau klo itu masalah utamanya, susah bgt ilang bekas jerawatny..klo emg bekasny ilang yah mo lg deh ke erha, hunting dr diannya (praktek di erha mana y dia)

    ReplyDelete
  4. @sasa
    dulu dikasi krim apa aja pas di erha. kalo aku udah dikasih CC10 yang ada HQnya dan AMG1 yg ada azelnya. duaduanya fungsinya untuk memudarkan bekas jerewi, so far lumayan hilang bekasnya sekarang. =) dr dian praktek di erha cimanuk. dulu sama dokter siapa?

    ReplyDelete
  5. tamcocin itu sebenarnya antibiotik buat jerawat juga, satu family sama klindamisin. Dikasih tamco agar dosis clinda yang dipake gak terlalu besar... dan bisa2 aja dipake buat semua level acne.

    klo dibawah pengawasan dokter gak usah takut ada efek samping ini itu, soalnya terkontrol... :)

    tapi tiap dokter emang punya pertimbangan sendiri... soalnya mengobati pasien itu 'seni'... apalagi dokter kulit... hehe..

    ReplyDelete
  6. well hello.. akhirnya setelah baca blog kamu, aku beraniin diri ke erha cimanuk jg trus dapatnya ama dokter deis jg.. :D dan kaya"nya tipe jerawat kita sama deh.. T.T

    sama dokter deis aku di kasi
    pagi / siang :
    acne cleansing scrub with benzoil peroxide
    acne moisturizer gel 2
    acne fondation 4

    Malam :
    acne cleansing scrub with benzoil peroxide
    erha s evening moisturizer for sensitive skin dicampur ama corrective cream 10
    acne spot treatment

    obat minumnya :
    tamcocin 500 mg

    hampir mirip kan ya ama obatnya kamu.. bulan depan jg di suruh balik lg.. semoga jerawat kita cepat berkurang ya :D


    ReplyDelete
  7. @syarifah
    aku ga sama dokter deis, sama dokter dian sekarang. dulu ke dokter deis karena dokter dian lagi cuti dan penggantinya dia.

    semenjak krim dirombak total sama dokter dian, baru itungan hari jerewinya ilanggg. hihi, tinggal satu yang masih bandel. emang ternyata krimnya ga cocok sama waktu awal ke erha, makanya sebulan masih ada aja. mudahmudahan dua minggu lagi pas kontrol udah makin membaik. amin.. semangaat!

    ReplyDelete
  8. dokter dian prakteknya kapan ya? aku ama dokter deis koq mukanya jadi berminyak bgt ya T.T

    ReplyDelete
  9. @syarifah
    ada tuh dokter dian prakteknya kapan aja di post di atas. =D aku foto belakang kartu namanya. kalo aku sih biasanya hari rabu jam 10.

    wah berminyak? dasarnya kulit kamu dry apa oily emang? aku oily jadi normal semenjak di ERHA.

    ReplyDelete
  10. sekarang gimana kondisi jerawatnya sis? ngebaca reviewmu lengkap banget suka, jd tertarik ke erha tp budgetnya lumayan ya :((

    ReplyDelete
  11. @loveinna
    alhamdulillah sekarang pipi kiri udah rata kulitnya, ga ada yang mendemmendem lagi didalem. tinggal bekasnya doang. sebenernya yang kanan juga, tapi entah kenapa setelah tindakan DPCT muncul lagi satu jerawat mendem yang ga bermata seperti biasa gatel banget. =) erha sama aja menurutku harganya sama natasha. cuma karena krim yang dibeli jumlahnya lebih banyak jadi terkesan lebih mahal aja.

    ReplyDelete
  12. waaaa erha bener" ampuh ya sis, aku tertarik sih cuma masih ragu jg, dulu sempet pake cream gt yg dijual tmn dan bersih 2 th deh, pertengahan thn muncul jerawat gede d sudut bibir dan aku sibuk malah jd pindah" dokter, ganti obat jerawat dll, kmrn d FD aku liat sis share griya geulis pngn ksna tp agak takut jg tkt malah keluar jerawatnya :( skrg lg coba cream dari Dr. d** tp ko krim siangnya bkn kucel dan oily bgt jerawat msh aja tumbuh :( tp br seminggu..aduh jd curhat maaf sis, hbs bingung :(((

    ReplyDelete
  13. @loveinna
    cream dijual temen? gajebo janganjangan? dua taun lumayan lama lagi. haa kalo ke dokter jangan pindahpindah, liat dulu kalo misal setelah 4 bulan muka makin parah ato gada perubahan, baru deh pindah ke yang lain. biasanya kan bulanbulan awal purging dulu. kalo di awal langsung bagus, harusnya curiga dong. =)

    kalo masih berjerawat dan banyak, ke dokter agus agak lama sembuhnya. kalo cuma mau cerahin cepet banget disana.

    ReplyDelete
  14. iya sis, dulu awam banget soal ginian jd pas bruntusan dsaranin pake itu jd mau aja dan bersih 2thn sis :( pas itu udah deh ampe skrg gini.hikss dr.dian yang di erha ada di medika juga ya? tmn di medika sama dia kl g slh :D tp beda di creamnya sih, tp ktnya 2 mingguan lumayan.hhe

    ReplyDelete
  15. sis. mau nanya doong. lebih recommended mana nih dr. savitri sama dr. dian? obat ny sama aja ga sih?

    ReplyDelete
  16. @fatimah
    range pilihan obatnya tentu sama, semua standar ERHA. yang beda itu ilmu tiap dokter dalam mengkombinasikan obat yang terbaik untuk masalah muka tiap pasien. =) ini ngaruh banget loh.

    ReplyDelete
  17. ka akhirnya aku ke dokter dian juga tp di medika antapani bukan di erha soalnya jauh :(, aku dikasih AMG2, ASG, AG2, sama yang buat malem kaya foundi gt(AZAF foundation) atau kl di kk tuh AF2 mgkn ya, ktnya kulit aku sensitif bgt jd jgn pake pemutih *cry. .
    kak share ya perkembangan kaka skrg gmn? :D

    ReplyDelete
  18. @vina
    wah kamu bareng temenku kayanya dia juga baru mulai juga ke medikanya. persis lagi obat yang dikasihnya sama kamu. =)

    beda dear, AZAF sama AF2 itu beda.

    haha maksudnya bukan itu kali, karena masih sensi jadi belum dikasi pencerah dulu, biar ga tambah merah kulitnya. =)

    udah tuh di atas di share gimana perkembangannya. hehe~

    ReplyDelete
  19. iya kak udah baca tinggal nunggu upload foto kaka.hihi tp seneng dengernya progress kaka bagus :D
    jd pngn DPCT juga soalnya sama ada jerawat kecil" gitu.hihi
    wah sama dong ya aku sama tmn kaka aku jg dimedika soalnya ke erha langsung jauh, dikirain AZAF sama AF2 tp smg kita semakin membaik kondisinya ya kak, kaka mksh ya infonya bermanfaat sekali :D

    ReplyDelete
  20. @vina
    amin dear~ =)
    mudahmudah kita makin membaik dibawah bimbingan dokter Dian. hehe~
    udah aku update lagi tuh di atas.

    ReplyDelete
  21. makk..ko jd jerawatan gitu >.<
    sedih e liatnya , salah pake skincare y mak??

    ReplyDelete
  22. @ime
    Hai jeng.
    Silakan dibaca juga tulisannya, jangan cuma menyimpulkan dari gambar. =)

    ReplyDelete
  23. hai salam kenal, aku baca-baca blog ini ada tentang dokter dian kebetulan rumah di antapani ada rencana pgn ke dr.dian tp msh ga tau bagus ganya?pgn tau yg ke dokter dian yg di medika gmn perkembangannya?terakhir aku ke wijaya tp udh ga konsul 2 bln tp msh pk creamnya pengen ganti luamyan cocok sih cmn jauh terus bekas jerawat&brutus di dagu susah ilang+aga kucel hehe slnya aku plng ga tahan k'lo muka udh kucel.jadi seneng bngt bs nemu blog ini :)

    ReplyDelete
  24. oh ya sory ketinggalan k'l dr.dian di medika antapani habis berapa ya?makasih ya

    ReplyDelete
  25. @rainbow
    sorry, mungkin udh d mention d atas kl aku ke erha. jd g bsa bntu untuk jwb pertanyaan kmu ttg biaya di medika berapa. setau aku krimnya lbh murah di erha yg jelas. biaya dokternya lbh murah disana tapi. untuk bagus engganya relatif ya, trgantung tgkt kepuasan masing2 org. kl menurut pndpt aku sih, aku puas perawatan sama beliau.

    ReplyDelete
  26. tp say muka km jd putih gt ga?mksdnya ga kucel.aku mau berenti wijaya slny muka aku ada spidernya gt tp baru dikit tkt tambah lebar :(

    ReplyDelete
  27. ada yang udah pernah ke skin care double eight belum yang di gatot subroto ??

    ReplyDelete
  28. @rainbow
    Gada yang instan untuk perawatan kulit, apalagi naikin skintone.Proses pemutihannya memang MEMBUANG KULIT BERMASALAH, dimana kulit kita dibuat kering sehingga nanti naturally lepas sendiri.karena kering jadi kusam.
    oiya, spider web aku memudar btw.

    ReplyDelete
  29. just want to share
    ke natasha 1 tahun mulus tp karna gnti bedak, jd fatal, sempet nerusin 3 bln dstu ga ada progress jd beralih ke erha.
    masalah aku jerawat dan bruntus kecil-kecil di dahi, dagu dan pipi, di erha tebet dgn dokter Grace dikasih :
    pagi
    ACBP
    AMG3
    AF1

    siang
    AFTSS

    obat
    Tamcosin 500 mg

    Oia sebenernya dikasih AT05 sm AG2 tp aku ga ambil karna alasan hemat

    baru 1 bulan sih,,blom ada perubahan yg berarti di bruntus. tp tetep berencana lanjutin, mdh2n erha ga sejelek yg diomongin di thread ya...

    ditunggu kalo ada review selanjutnya...



    ReplyDelete
    Replies
    1. wow siapa dokternya?
      habis dari natasha mending jangan pake yg bersteroid dulu.
      AMG3 dan ACSBP kan bersteroid. maks dipake 3 hari sampe seminggu. lebih dari itu meradang lagi jerawatnya.

      AG2 bagus loh untuk kempesin jerawat, menurut aku paling manjur dibanding AL dan AG atau AST.

      kalo kamu masih pake AMG3 dan AFTSS di gabung AF1, bruntus bakal muncul terus.

      Delete
    2. nambahin.

      btw, AT05 sam AG2 kan dipake malem.
      pengobatan acne di erha kan ada di krim malamnya.
      kalo AT05 sama AG2 ga dipake ya practically kamu ga ngobatin acne kamu sama sekali dong. ya pantes aja bruntus masih ada.

      AMG3 AF1 sama AFTSS kan efek pengobatan acnenya nyaris ga ada, beratnya ke prevention supaya si acne ga meradang karena dikasih moist, sunblock. AFTSS malah lebih serem, itu prevention supaya redness acne menghilang sementara.

      kebayang ga kalo malemnya ga dipakein "obat sebenarnya" a.k.a AT05 dan AG2? bisa jadi malah makin parah acnenya jeng~~

      justru kalo menurut aku, mau hemat malah jangan dibeli AFTSS sama AF1. utk sunblock yang masih berjerawat bagusan ASG karena gda efek coloringnya, lebih ringan. coba konsul lagi sama dokternya. menurut dokterku sih AFTSS dan AMG3 mending jangan dipake lebih dari seminggu soalnya. apalagi yg berjerawat.

      Delete
  30. well kebetulan baru td siang kesana..
    oh gitu ya..abis aq pikir AG2 itu cm buat di jerawat yg gede2 itu,wktu ksna cm ada 2 biji (jerawat) dan skrg udh ga ada...makanya aq ga beli

    agak nyesel siang ini kesana, karna msh ada jerawat aktif, kata dokter Grace aq dikasih 2 option :
    1. dikasih krim dulu yaitu dinaikin dosisnya jadi :

    pagi :
    BP
    AT 05
    AMG2
    ASG
    AF2
    AFP (bedak, optional karna aq mau ada acara bln dpn,pdhl skrg lg ga pake bedak)

    Malam :
    BP
    AMG5
    Mix AF (di jerawat aja)

    Obat :
    Doxicor + zinc (kayanya racikan)

    option kedua :
    aq disuruh minum Roacuttane 2-4 bulan

    aku ambil option pertama, karna aq serem sm si Roacuttane ini,dokter tidak memaksa, tapi tetep kasih liat kasus org lain (dgn foto) yg udah mnm itu selama 6 bulan dan hasilnya emang bagus.

    tapi kata dokternya, kalo krim yg baru ini sdh abis tp msh ada jrwt aktif, aq diharuskan utk mnm roacuttane ini

    Sumpah dan aku berdoa jgn sampe aku dpt si Roacuttane ini,smpe kepikiran utk gamau nerusin pengobatan di Erha lg gara2 denger hrs mnm itu obat

    Obat yg baru ini blom aku tebus, karna obat yg pertama msh ada sisa smpe kira2 seminggu lg

    Menurut km gimana?
    Need some advice...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa email aku foto masalah kulit kamu?

      ko aku liat dokter kamu ribet banget ya ngasih kombinasi krimnya. kalo kata dokter aku, sebisa mungkin dikasih pengobatan sesimple mungkin dan jangan dulu di templokin macemmacem kalo masih radang gitu. malahan no sunblock kl mungkin. soalnya kandungan di sb atau kosme byk yg berat utk kulit, malah bikin jerawat tambah radang loh.

      jangan mau minum roaccutane. aku juga diresepin tpi sama aku ga ditebus. ga semua orang cocok loh. dan lebih banyak efek negatifnya kalo ga cocok, sampe kestabilan emosi terganggu, serem banget.

      iya coba kamu kirim via email dlu foto kamu, biar aku bisa tau jenis jerewinya macem apa. bisa sembuh ko dear, aku juga dulu parah banget separahparahnya, bisa berenti akhirnya. puji tuhan.

      Delete
    2. hai...aq sudah email km bbrp hari lalu, tp blum ada balasan..ditggu, thanks

      Delete
  31. Seneng deh ketemu blog ini.. Bisa curcol sesama pengguna Erha.. Aku pendatang baru nih, kebetulan aku di erha mangga besar dgn dr. Yolanda, so far sih.. Jerawat mengering.. BTw masalah aku jerawat (kaya lemak gtu..) di dahi, dan pipi.. Aku mutusin pake erha krn baca blog ini jg, sebelumny aku pengguna Mira beauty (Bandung).. tp nih klinik tdk menjawab inti permasalahan kulit ku.. Klo bikin cerah sih iy, cerah banget2 malah.. Malah kulit jd sensitif, terus yg aga buat aku bertanya, sebetulnya pas LG bruntusan itu kita blh facial/ ga sih? Soalny di klinik gw yg dulu, klo ada jerawat sedikit dr.-nya nyuruh facial.. Sedangkan di erha ga boleh..
    Oh y aku dapet resep dr. Yolanda:
    Pagi:
    ACSBP
    AMG3
    AF3
    Malam:
    ACSBP
    AMG3
    AG2
    And ada obat minum-Ny jg.. Oh iy aku jg di kasih balancing Toner.. Ada yg tau fungsinya?

    Sejak hari ini sih.. (5hari penggunaan) jerawat di dahi merasa banget berkurang.. Cuman rasanya KO kusam y..

    Oh ya pas control 1 ada 2 jerawat yg LG bengkak, karna aku bilang ga bisa kontrol sering2, karena aku dinas di Ternate, jd dr. Yolanda langsung ngasih saran utk jerawat aku yg bengkak ( katanya LG radang) utk di suntik.. All hasil wuhu.. Kempes dong malamnya 2 jerawat ku.. Sejauh ini cukup puas dgn Dr. Yolanda.. Cuman keluhan aku kusam aja.. Tp baru 5 hari sih ya..

    ReplyDelete
  32. Seneng deh ketemu blog ini.. Bisa curcol sesama pengguna Erha.. Aku pendatang baru nih, kebetulan aku di erha mangga besar dgn dr. Yolanda, so far sih.. Jerawat mengering.. BTw masalah aku jerawat (kaya lemak gtu..) di dahi, dan pipi.. Aku mutusin pake erha krn baca blog ini jg, sebelumny aku pengguna Mira beauty (Bandung).. tp nih klinik tdk menjawab inti permasalahan kulit ku.. Klo bikin cerah sih iy, cerah banget2 malah.. Malah kulit jd sensitif, terus yg aga buat aku bertanya, sebetulnya pas LG bruntusan itu kita blh facial/ ga sih? Soalny di klinik gw yg dulu, klo ada jerawat sedikit dr.-nya nyuruh facial.. Sedangkan di erha ga boleh..
    Oh y aku dapet resep dr. Yolanda:
    Pagi:
    ACSBP
    AMG3
    AF3
    Malam:
    ACSBP
    AMG3
    AG2
    And ada obat minum-Ny jg.. Oh iy aku jg di kasih balancing Toner.. Ada yg tau fungsinya?

    Sejak hari ini sih.. (5hari penggunaan) jerawat di dahi merasa banget berkurang.. Cuman rasanya KO kusam y..

    Oh ya pas control 1 ada 2 jerawat yg LG bengkak, karna aku bilang ga bisa kontrol sering2, karena aku dinas di Ternate, jd dr. Yolanda langsung ngasih saran utk jerawat aku yg bengkak ( katanya LG radang) utk di suntik.. All hasil wuhu.. Kempes dong malamnya 2 jerawat ku.. Sejauh ini cukup puas dgn Dr. Yolanda.. Cuman keluhan aku kusam aja.. Tp baru 5 hari sih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMG3 ada steroidnya loh, jangan dipake kelamaan sebaiknya. itu dipake buat malem juga? wah unik dokternya.

      Delete
  33. Sebenernya aku punya acne itu kecil2 and gak terlalu parah tapi abis ke Natasha hampir sebulan (light treatment cepet and ampuh) udah jarang timbul jerawat lagi. Kulit udah rata cuman sisa bekas jerawat sama komedo..

    Trus aku ganti ke erha soalnya aku pikir natasha punya obat terlalu keras, sering bikin kering.. (didalam seminggu, jerawat aku udah hilang pake obat natasha), aku gak gitu mau tergantungan sama natasha makanya aku ganti tempat.

    Jadi skarang untuk prevention jerawat sama kemerahan pake erha...
    amg3, af ss, af5, so far udah pake 1 bulan lebih, jarang banget timbul jerawat walaupun aku tiap hari masih makeup yg lumayan berat (primer, bb cream, bedak). Hopefully, this condition stays for long.

    Menurut aku sih... natasha bener cepet buat jerawat tapi obat2nya sering bikin aku kering kalo pake terlalu lama. Erha punya obat lebih lembut tapi gak tau bisa tergantungan gak... Kalo sering facial sama pake obat dokter, kayaknya acne masih bisa di control dan prevent.

    Skarang pengennya sih kecilin pori2 sama keluarin komedo yg gak ada hentinya >.<

    Menurut kamu obat AMG3, AF SS, AF5 bisa trus dipake gak dgn kondisi aku skarang? Aku takut bergantungan sama obat tapi kalo stop, takutnya bakalan timbul jerawat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ke natashanya januari tengahan jadi harusnya skarang udah 2 bulan lebih~ Bekas jerawat paling susah di basmi, pori2 juga susah banget dikecilin, gak tau erha ada treatment apa untuk kecilin pori2 sama basmi bekas jerawat ato mungkin natasha lebih bagus untuk treatment kayak gini.

      Delete
    2. hmm kalo menurut aku sih, natasha efeknya bikin MERAH. erha efeknya bikin KERING. erha ga ketergantungan ko. aku udah jarang pake krimnya ini sekarang dan ga break out dan ga jadi kusem juga.

      AFT SS jangan dipake kelamaan, ada steroidnya. emang bikin keliatan cerah tapi itu cuma sementara doang.

      kalo mau stop coba aja bilang ke dokternya. nanti dia bantu kurangi dosis sampe kecil banget dan ga masalah pas distop. tapi aku lsg aja di stop juga ga break out.

      bekas jerawat emang tahunan ilangnya. kecuali kamu mau laser atau suntik pengangkatan kulit. minta di chempeel sama di micro aja ke dokternya.

      Delete
  34. ya sist skrng lebih bersihan ke dokter dian tp beruntus di dagu ga ilang" tetp parah :( . skrng masalah aku lebih ke kusem bngt,and oily banget sampe" aku dikira blm mandi :( . skrng mlh pgn ke dokter agus tertarik sm review sist hehe

    ReplyDelete
  35. kalo untuk sekarang, pertama kali dateng kesan berapa ya kira2? soalnya saya ada rencana mau ke erha juga,,, thax :)

    ReplyDelete
  36. mbak td aku ke erha setelah baca blog kamu nih.
    Ama dr Ambar,spkk di Pontianak.
    td aku dikasih resepnya gini:
    Pagi:
    Facial Foam Erha 2
    AMG3
    AF1

    Malam:
    Facial foam erha 2
    AG2
    AST (tutul)


    semoga berhasil yah..:-)

    ReplyDelete
  37. Hai sist aku mulai ke erha lagi bulan November 2012 dan sampai skrng bulan Mei 2013 rutin ke erha setiap 4mnggu sekali
    Mulai bulan Januari kemaren aku bukan cuma konsul aja tapi mulai disuruh Ance feeling

    Sist masalah utama aku itu jerawat batu gede-gede bener sama kayak yg kamu foto tadi

    Tapi udah 6bulan berjalan kenapa bekas jerawat di muka aku masih aja ada bahkan muka aku yg berminyak skrng jadi kering dan kusam
    Semua kulit mengulupas kayak ular
    Aku takut liat muka aku sendiri

    ReplyDelete
  38. Haii sist aku tata berobat di erha clinic Palembang
    Mulai bulan November 2012- Mei 2013
    Nov : AMG 2 , AL 2 , AFT , Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , Acne cleaning scrub with benzoil

    Des : Injeksi KIL-grade 3, AMG 1, AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , Acne cleaning scrub with benzoil , AFT

    Jan : AFT,AMG2,AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , Acne cleaning scrub with benzoil
    ACNE FEElLING

    Feb : AMG5, AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , AG2 Acne cleaning scrub with benzoil
    ACNE FEElLING

    Maret : AMG5, AF3, Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 0,5 , AG2 Acne cleaning scrub with benzoil
    ACNE FEElLING

    APRIL : Acne doxy 30 biji/30hari , acne toner 1, AF3, AMG4, AG2
    ACNE FEElLING

    Mei : AMG4, AFT, AF3 , ZINC PICOLINATE & Gluconate 30 capsul, Ance toner 1

    Bisa gak ya muka aku mulus kayak kamu? Jerawat aku parah bener tapi skrng rada mendingan cuma kering , kusam dan menggulapas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ini bukannya harusnya tanya ke dokternya? dok ko saya udh berbulanbulan masih belum sembuh? yg paling penting itu konsultasi dan komunikasi dua arah antara pasien dan dokter. pasien bisa ngeluh dan kasih perkembangan sedetailnya. jadi dokternya tau harus ngasih solusi gimana dan merencanakan tindakan selanjutnya. coba diskusi sama dokter kamu dear. mau kliniknya sama tapi pengetahuan dokter dan kecakapan kombinasi obat belum tentu sama.

      Delete
    2. ga usah khawatir, kering kusam ngelupas itu tandatanda awal jerawat kmu mulai bisa dikendalikan. nanti perlahan cerah lagi ko. semangat ya dear~ rajin konsul, denger apa kata dokter

      Delete
  39. Aduh jd pngin ikutan ke erha nich..sbelumnya aku slalu gonta ganti produk skincare dan pindah2 trs g ada yg cocok smua hbisin duit, tp g ada yg bner2 cling,stelah brhenti 3 hri dr cream gt muka malah jd kusam...ak suka baca blog ini jd makain tau mana yg bagu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belum parah masalah kulitnya, mending jangan ke dokter dulu.

      Delete
  40. Replies
    1. ada, coba googling aja. tadi aku dapet di Solo Paragon Mall (Jl Yosodipuro 133) Solo

      Delete
  41. dear all,
    aku nulis ini bukan berarti bilang dokter ini bagus dokter ini jelek. ga perlu ke dokter or klinik yg sama pun bisa ko masalah kulit kita diselesaikan. cuma pastikan aja,
    1. dokternya mau mendengarkan keluhan kita, ngasih pandangan dia ttg rencana tindakan dia ke kita, mau memberi jawaban yg edukatif saat kita tanya fungsi dari pengobatan dia kasih tersebut ke penyakit kita.

    2. kita jadi pasien yg cerdas, cari tau sebelum di informasikan sama dokter ttg pengobatan yg lumrah utk penyakit kita. jadi klo ada tindakan yg disarankandokter tpi kita tau ituharusnya g perlu atau jangan dlu dilakukan, kita bisa diskusi sama dia.

    3. percaya sama dokternya dan percaya kalo kita bisa sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Madaniya, setuju banget ama mbak. Aku prnh post disini juga pas awal masuk erha dan sekarang udh 2 bulan jalan masuk bulan ketiga..
      Jerawat2 gedenya pada ngajir, skrg tinggal beruntus2 kecil warna item (blackhead) gitu. Gara2 liat blognya kamu aku jd ngikutin selalu moto sendiri perubahan wajah mulai dr awal ampe skrg..
      Trs kmrn banget aku dibolehin office peeling.. Lumayan mahal sih, tp worth it banget kok. Muka merah2 dan mulai ngelupas lagi dan selama 9 hari kedepan ada perawatan khusus setelah peeling..
      Kapan nih kamu update erha lagi say? ditunggu yah...
      Terima kasih sebelumnya.

      Delete
  42. Dear mbak Madaniya,
    seneng banget baca blog nya. Jadi pengen ke Erha. Aku sih gak ada masalah jerawat, wajah ku pakai bedak apa aja cocok. Masalahnya cuma agal kusam aja. Kira2 biaya nya kalau ke Erha dengan keluhan ini aja, mahal gak yah biaya nya? hihi. thank you mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hua kalo untuk solusi muka kusam dan pingin cepet,
      aku saranin ke Griya Geulis aja kalo di bandung. =)
      Erha agak lama kalo buat cerahin, dan awalawal untuk yg kulitnya oily malah bikin agak kusam, tapi beberapa minggu kemudian mulai terbiasa.

      Delete
    2. maaf ka mau nanya, kan kata kaka yg kulitnya oily malah jadi agak kusam, terus mulai terbiasanya itu gmna ka? tetep kusem apa nanti juga jadi cerah? soalnya aku pengen nyoba ke erha pengen ngilangin bekas jerawat sama nyerahin, soalnya di griya geulis lama ka. terus kalau di erha buat konsul aja bisa gak ka? terus minimal bisa lepas erha lagi kira - kira berapa lama? makasih ya kaka :)

      Delete
    3. hmm ya as time oes by, kulit kamu adaptasi dan si ingre obat juga mulai take effect on ur skin. lamalama mulai berkurang oilynya, bahkan aku sampe jadi dry. dan jadi cerah tanpa aku sadari.

      kamu griya geulis juga asparamitha? oiya lama? aku dulu pas di GG cepet loh kalo nyerahin, 3 minggu dah kerasa. ini malah aku ada niatan pake krim malem GG lagi, biar bekas jerewi cepet ilang. =p

      ke erha buat konsul doang bisa, ya cuma bayar dokter doang paling IDR120K.

      lepas? hmm, actually i dont plan to do it. kenapa? karena di erha ini ada tahapannya dari pengobatan, pencerahan (or we called it as CC-Regeneration), dan terakhir maintainance. nah pas maintainance ini, bisa dibilang kita udah "lepas" dari erha. tapi kalo mau lepas total ya bisa aja, tinggal bilang dokter, nanti dosisnya dikurangi perlahan. jadi muka ga kaget.

      good luck!

      Delete
  43. Niyaaaaaaa!!!! Waaah aku baru tau kamu nulis beauty blog. Dokter Dian emang oke kan hihihi. Kangen si dokter udh setahun aku ga ke sana. Jerawat udh ga ada sih asal ga dipencetin. Sama banget niy aku juga jidat menghitam, gara2 klo males keramas,ngantor siang bolong poni dijepit ke belakang hahaha. Great blog anyway, ntar lg buka praktek konsul kecantikan nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haa ketauan punya blog ini. =p maluuu~

      readers, meet my friend who recommend dr. Dian to me. ^^

      Delete
  44. Sist aku baru pindah ke Erha,karna blakngn jerawatku meradang di pipi 22 ny dan di dagu, jum'at 28 juni ke dokter dan dokter bilng selama pengobatan 1 bulan ak ga bole pake ap2 kecuali obat dan lipstik siii, 2 hari pemakaian gpp, 3 hari muka ku lngsung kering, berkerak dan kerawat mengenpis si, tp muncul yg baru ditempt lain,dan sekrang sudah 1 minggu perawatan, kilitku memerah klo pake toner dan klongomong kaya nenek2 tua keriputny :(dan kusam bgt ampe susah ngomong ak sekarang, apkah ini salah satu efek samping nya sist, kasi petunjuk dunkkkk, kata temen2 "kok makin rusak ?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kaya gitu prosesnya aku juga. kering, kering banget, kelupas. muncul ditempat lain. kempes. terus difacial. baru hilang. dikasih apa aja sama dokternya?

      Delete
    2. AS BP, AT O,5, AMG 2, AF 1, AG 2 , DAN AST.
      dan sekrang aku suda masuk hari ke ke 14 pemakaian, udah ad pengelupasan, tpiiiii AMG 2 nya sudah mo habis, sist pernah pake AMG 2 ga ?? sebenarnya tahan untuk berapa hari ?? ap aku yang kebanyakan make nya , dan sekarang muka ku klo setelah dicuci ad bisa pengelupasan yang banyak , ap tdak akan terjadi apa ap klo ak gosok, dan apakah pemakaian tonar ato AT 0,5 itu emang perih bgt sist?

      Delete
    3. aku pemakai setia AMG2, sampe sekarang masih pake AMG2. krimnya bisa tahan 3-4 bulan. AMG2 ga boleh ditaruh di suhu dingin nanti ikatan antar ingrenya lepas. jangan digosok, nanti malah berbekas. biarin aja copot sendiri. toner kalo kena kulit yg terbuka pasti perih.

      Delete
    4. iyah, ak udah abis AMG 2 ny cuma 3 minggu tahanny :(,ooow biarin copot sendiri, tp pas dicuci dia copot sist kena gesekan tangan aku

      Delete
    5. gapapa kalo copot pas cuci muka. asal jangan sengaja aja maksudnya..

      Delete
    6. sist pernah ad treatment agne fiiling ga ??? ak tgl 19 kemren kontrl lagi n disuru agne fiiling IDR 275, ga ad rasa apa2 ci, katanya ny mah bakl perih dan ad pengelupasan kecil tp ak ga sist,trus ak beli AMG2 n AST n kayanya setelah beberapa hari pae AST ga mempan yg ini, salny ak punya jerawat di bawah bibir beberapa hari ini, n ga kempes setelah ad totol, bisanya mah 2 mlem aj udah kempes bgt, n diwajah bagian pipi ak muncul jerawat2 kecil rada2 banyak sist, n untuk 2 minggu kedepan ak disuru facial kesana , ap ak harus facial ato tunda dulu ya sist ya, ??? ap sist dulu pernah ada jrawat2 kecil jga ?

      Delete
  45. Gua co. yg punya masalah yg kurang lebih sama. Gua sebenarnya agak cuek, tapi bos gua nyuruh ke Erha--tuntutan pekerjaan :D

    Terima kasih tulisannya Madaniya! Ngebantu banget, khususnya soal harga, buat referensi klinik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama. ^^ emang susah cari referensi harga di internet. makanya gw kasih info itu, biar selengkaplengkapnya sekalian.

      Delete
  46. Oiya, kira-kira sebulan abis berapa? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, awalawal emang mahal, karena krim semuanya harus dibeli. sekitar 400-500 termasuk dokter, tanpa treatment. tapi setelahnya paling 200-300 perbulan, termasuk dokter. krim ratarata habis 2 bulanan soalnya. dan ada yg habis belakangan karena gram nya lebih gede.

      Delete
  47. Niey,,, ini mia ga sengaja nemu blok kamu.
    skr aku jg jerawatan dan lagi perawatan di erha (akhirnya nyerah)
    awal sama pastinya berkerak tp skr udah engga dan udah cerah lagi...

    aku yg di jakarta sih, Kelapa Gading.
    Sama Dr. Wijaya Spkk..

    kamu masih pake erha niey?

    kalau misalnya nyoba berhenti pake apa jerawatnya balik lagi?



    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya niey sekalian nanya, kamu tau kandungan-kandungan krim nya drmana ya? hihi

      makasih nieyaaaa :)

      Delete
    2. masih, itu baru aku update foto terbaru habis DPCT beberapa hari lalu.
      kandungan krimnya kan ada di resep, itu di post atas ada contoh resep yg ada penjelasan kandungankandungan krimnya.

      sebenernya di erha itu ada tahapannya, kulit kamu akan terus diperbaiki sampe dirasa cukup, nah kalo udah bener kondisi kulit kamu, sama dokternya hanya akan dikasih satu jenis krim yg fungsinya untuk maintainance.

      kalo mu lepas, ya lepas aja, tapi jangan mendadak lepas. nanti muka kaget. bisa ko bilang aja ke dokternya, mu berhenti pake. nanti perlahan sama dokternya dikurangi dosisnya jadi makin kecil kecil kecil sampe akhirnya bebas antibiotik.

      emang dikasi krim apa aja Mi?

      Delete
    3. aku dikasih facial wash for oily skin, toner, amg3, sama af3 niey,

      wah aku cuma dikasih cara pemakaian sama struk aja niey, jd ga ada penjelasan kandungannya apa aja,

      awalnya muka merah2 bgt. tp skr udah engga, dan cenderung cerah, cuma tumbuh bbrp jerawat lainnya ya niey.
      jd ad yg muncul, ad jg yg sembuh.

      aku pgn tau niey kandungan2nya, klo kontrol lg bs diminta kan ya?

      Delete
    4. oiya aku jg dikasih tamcocin. smw krim itu dipake pagi dan malam. malah dsruh 3x sehari, pagi siang malem. tapi aku pakenya 2x sehari aja *males niey,

      so far dari ulasan kamu dr dian sepertinya analisanya bagus ya,

      Delete
    5. dr Dian mau diajak diskusi, dan terbuka sama diagnosanya. kalo kita ngerasa diagnosa dia ga cocok sama yg kita rasain, dia mau denger masukan. enak banget diajak konsul.

      itu kandungannya tuh di resepnya, kalo kamu ga tebus hari itu resepnya, nanti di print ulang resep dari dokternya, ketauan ingredientsnya apa aja. bisa mungkin minta ke bagian pas kamu bayar untuk minta detail resep.

      Delete
  48. Aku udah berobat ke erha, sama dokter savitri dan dikasih cream :
    Pagi : AMG 3, AF1
    Malam : AMG 2, AFTSS, AL1
    baru make semingguan sih, dan cream siangnya kalo dipake jd bikin kusem dan sedikit oily.
    Jerawat ny mereda, tp muncul bbrp biji di tempat lain kecil2 gitu.
    sblmnya pernah make obat bersteroid juga.
    krn kulit sensitif, dokternya blm ngasih pengelupasan.
    Ini muka kusemnya bagian dr efek pertama make ny atau bagaimanakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abby, amg3 sama aftss ada steroidnya juga.
      Yg bikin oily mungkin AF1nya. Soal kusam sebenernya semua krim yg kamu pake g ada satupun yg bikin kusam, malah sebaliknya, bikin muka sensitif adem karena ada sedikit steronya.
      Kalo sebelumnya pernah pake yg berstero juga sebaiknya sementara jangan pake yg berstero dulu. Emang sih kalo kulit sensitif pasti dikasi obat yg sedikit mengandung stero, karena memang fungsinya untuk meredakan merah atau radang di muka. Coba konsul lg ke dokternya, minta amg3 sama aftss diganti.

      Delete
    2. Aku krimnya sama kaya kamu loh dan awalnya muka jd ketarik2 kering bgt setelah dilepas seminggu dipake lg jd kenyal2, klo km gmn abby? Tp kulitku yg oily parah jd normal aneh ya

      Delete
  49. Hi..madaniyah ,, reviewmu in menarik bngt,, cz aq jg prwtan d erha, aq prwtan d erha sby , sm dokterx dksik krim pagi : acsbp, amg 2, erha 7 , krim mlm : acsbp, ag 2, cc 50 erha 6 n ast .. Sy jg brmslh dg jrwat tpi g bgt prah, jrwat sy mncul klo slah pk krim.. Mrah2 ky jrewi gt , tpi ckrg ud g.. Tpi kog muka sya ga bgtu cerah bngt y.. Biasa gtuu... Emg klo d erha putihx sprt ap y sist? Emg biasa ap mpk glowy gt.. Aq ud sthun mkek..tlong dbls y sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dikasih CCnya udah sampe CC50 ya, aku sih baru CC10. di erha emang ga gitu putih topeng, cerah sehat. natural. glowy itu karena pake sunblocknya erha, Perfect Shield. bagus banget ituuu udah kaya pake BB cream.

      Delete
  50. sis mau tanya dong aku sih ga ada masalah sama jerawat cuma kulit aku tuh coklat menurut aku tpi kata orang" kuning langsat.. tapi aku mau putih bisa gak sih tanpa suntik putih, trus soal biaya perkiraan sis bisa smpe berapa? thanks banget infonya tolong d bales yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. skin tone tercerah yang bisa seseorang dapat memiliki tone yang sama seperti daerah di tubuhnya yang paling jarang terpapar sinar dan kena zat kimia, contohnya bokong. kalo mau lebih putih dari itu, udah ga natural lagi putihnya, yang mana sifatnya sementara dan bisa balik ke asal kalo berhenti dilakukan. =)

      Delete
  51. oh yaa sis minta pinnya dong kalo ada biar gampang nanyanya ni pin aku 32535700 thanks

    ReplyDelete
  52. Nice blog :)
    Aku mo nanya nih,sebenernya muka aku ga jrewi parah,tapi semacam bruntusan gitu,bingung mo perawatan ke natasha/lbc/erha..karena aku pernah tanya facial di erha mulai dari 200k, ini bikin aku agak mikir2 :D kalo kita pertama kali dateng bisa langsung facial atau harus konsul di dokternya dulu ya? Tengkyu :)

    ReplyDelete
  53. muka gw gak jerawatan si, tapi kusamnya ampon dah. trus bergerutu" gak mulus gitu. gw jadi minat ke erha nih biar cerah n cling. pertanyaan gw, krna masalah muka gw gak jrwatan, jd ntar obat or cream yg gw dapatin bs lbh murah gak ya???? :)
    tengkyu

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Salam kenal yaa sis, gw mau nanya, gw baru peratama ke erha tgl 4 juli 2013 ini, konsul sm doker Sa'da, masalah gw cuma lingkar mata sm kulit kusam aja, trus di kasih krim ini:

    pagi:
    - under eye suppressor
    - erha 4
    - erhalogy sunblock

    mlm:
    - under eye suppressor
    - erha 6
    - cc 10

    tp masalahnya ampe skrg kulit gw terus ngelupas, kira-kira sampai kapan proses pengelupasan kulit ini? apa itu wajar? atau kulit gw yg ga cocok sm obatnya? tolong kasih tau solusinya juga yaaaa, thanks :)

    ReplyDelete
  56. Iya, ternyata kusem dan oily ny udh berkurang, dan wajahku jd sedikit kering, tp so far bagus. Jd tiba tiba halus juga hahaha ._.
    Oya, aku mau nanya nih, kan aku dikasih obat baquinor antibiotik, tp belum aku minum krn aku baru lepas antibiotik 2 bulan yg lalu (lupa bilang ke dokter), itu gmn ya?
    Dan emg ga boleh pake bedak sama sekali ya? Soalnya minggu depan ada acara nikahan sodara gitu hiks :'(

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Oya, dokter savitri jug bilang gini, "jangan dipake lagi krim w*letnya, ada steroidnya,". Tapi beliau tetep kasih yg AMG3 dan AFTSSnya :S

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abby pernah pake w*alet jg ya? Nyesel banget banget pernah pake produk itu.... skrng muka jerawatan... :'( ag jg lg perawatan di erha dah jalan 1,5 bulan setelah berhenti dr nata*h* n mir*cle krn g ngasih perubahan apa2... ya di erha jg blon ngasih liat perubahan sih, maybe msh baru kali ya... hehehehehe... btw km problemx jerawatan jg ya? Gmn kondisi muka km stlh make cream erha?

      Delete
    2. Iya. Awalnya sih make walet keliatan putih banget, kinclong, kulit matinya ngelupas heboh, tp lama2 jd jerawatan. Merah, dan suka gatel. Stlh make erha ada perubahan yg bagus kok, emg ga trlalu instan, tp kerasa. Perlaham tp pasti, ceritanya. Hehehe. Skrg udh konsultasi ke 2, obatnya jg udh dinaikin. Tp dokter ny blm berani ngasih pengelupasan krn kulitku sensi bgt. Good luck for us :)

      Delete
  59. Blognya keren... :)
    Aq jg dah perawatan di erha, diresepin :
    Pagi : ACSBP
    AMG2
    AF4

    Sore : ACSBP
    ATo,5
    AMG5

    Malam : ACSBP
    ATo,5
    AG2
    AL1 (totol di jerawat)

    Kayax aq jg overdose steroid krn dah pernah make walet, natasha, n miracle... ya seperti biasa jerawatx mati 1 tumbuh 1 ato 2 lg... yg aq mau tanya knp ya mukaq kok jd + bejibun jerawatx setelah make ATo,5? Trus klo pake AL1 dijerawat aktif pasti item deh ujung2x...

    ReplyDelete
  60. hai salam kenal,

    wah baca blognya menarik banget, kaya nya relevan sama masalah aku skr. Kulit aku lagi jerawatan parah dibagian jidat n dagu, tpi paling parah di jidat. Awalnya si karena aku pikir kulit aku udah imun sama produk Erha (oia aku udah pake erha sekitar 6 taun n konsul sm dr. savitry),awal pake erha muka aku cling banget ga ada jerawat, kenyal, n ga kusem, tapi kesini2 jerawatan lagi,akhirnya aku berhenti pake erha awal 2013 kemaren.

    Singkat cerita aku berhenti karena muka aku breakout lagi pas dokter kasih aku AF2 yang ada sunblocknya, tadinya aku konsisten dikasih AF1 terus. Setelah berenti, 2 bulan ini muka aku makin parah apalgi setelah pulang dr jogja jerawatnya makin banyak, muka kusam trus oily juga, mungkin salah aku juga si yang kecepetan mikir kulit aku udah imun dari erha, lepas dr erha aku coba pake produk jerawat tea tree oil TBS, and AC Clinic etude, tea trea oil si cukup ngaruh untuk jerawat yang kecil-kecil tapi AC clinic ga ngaruh sama sekali.

    Udah nyerah banget akhirnya 3 minggu yang lalu aku putusin ke borromeus buat priksa ke dr.cankerty. Sama doi aku dikasih facial wash, krim pagi yang bentuknya gel, sm krim pagi dua yang mirip foundation trus malemnya dikasih obat racikan untuk diolesin (mirip bedak dingin) sama obat jerawat totol. Baru 3 minggu sih tapi muka aku merah-merah jadinya trus kering2, untuk dua itu si mungkin wajar krn dulu awal aku pake erha juga sama, tapi yang bikin aku panik kok ditambah sama gatel-gatel di bagian yang merah itu. Emang si jerawat overall jadi kering meskipun suka dtg 1-2 biji, n bekas jerawat juga mulai ilang dikit-dikit. Tapi apa wajar ya sampe gatel-gatel gitu.

    jadwal konsul ke dr. cankerty lagi sabtu ini nih, aku mau tanya sm dokternya, apa efeknya juga sambil gatel2 di kulit gitu ya. Ada niatan si pengen balik lagi k erha..tapi bakal makin parah ga ya kulit ku atau harus dikasih jeda wktu dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi indah, mau nanya skrg wajah km stlah berhenti dr erha bgaimana? Yg aku alamin mirip sma cerita kamu.. q skrg dah berhenti pake erha sekitar 4 blnan, sblmnya make erha ad 4 thn jg.. skrg sih kondisix msh ada jerawatnya sih.. kira2 recovery nya brp lama y?
      Trnyta slma ini aku d ksh steroid, make smpe brtahun2.. pdhal kan steroid g blh d gunain lama2.. :-(

      Delete
  61. Kulit ak jg sama kaya mba, ada bekas jerawat yg warna merah n klo kena panas pipiku sering merah, pokoknya klo gerah dikit aja lngsung merah. Stelah mba pake erha apa wajah msih sering merah? Suka ga pede nih klo kluar rumah, takut wajah tiba2 merah

    ReplyDelete
  62. Kulit ak jg sama kaya mba, ada bekas jerawat yg warna merah n klo kena panas pipiku sering merah, pokoknya klo gerah dikit aja lngsung merah. Stelah mba pake erha apa wajah msih sering merah? Suka ga pede nih klo kluar rumah, takut wajah tiba2 merah

    ReplyDelete
  63. Sis, aku baru konsul dengan dokter sandy di erha kelap gading.

    Dikasih cream pagi : bp + amg3 + af1

    Malam : amg2 + af

    Gak ambil obat oral soalnya banyak ( pyricef 500 + roacutan 10 + seloxy)
    Serem obat oralnya banyak karna konsul 1 langsung suntik ke jerawatnya.

    Sebaiknya abisin krimnya dulu baru konsul atau ikutin kata dokter konsul 2 minggu lagi??

    ReplyDelete
  64. mbak, bruntusan gara-gara biang keringat diobatin pake apa? masalah saya juga gitu. banyak banget di jidat.

    ReplyDelete
  65. Aku baca dr atas ke bawah,,hrga pertama kali aku datang k3 erha lebih dahsyat dong,,nyampe 970rb bo hiks hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama tindakan ato cuma krim sist ??

      Delete
  66. baru baca blognya tertarik bgt pengen ke erha dah setahun aku pake natasha sama skali ga ada perubahan ,jerawat kecil2 masih muncul, bekas jerawat yg item2 pun dimana2, hikssss

    ReplyDelete
  67. Sist niya.. mw tanya dong, biasa nyimpan cream2 erhanya dmn sis? Buat tmen2 yg lain biasa nyimpen produk erhanya dmn? emang harus di kulkas ya?hx

    ReplyDelete
  68. Hai Ocha, bantu jawab yah.. Biasanya aku simpennya di dompet make up biasa aja. Buat krim2 yg ada tanda temperaturnya kaya cc10, cc25, atau erha 6 memang seharusnya dimasukkan ke kulkas. Tp berhubung di kosan ga ada kulkas aku taro krim2nya di dompet make up dikmr. Selama 1,5 bulan pemakaian krim2nya ga berubah warna kok...

    ReplyDelete
  69. Udh pernah tindakan micropeel blom y??
    aku dsaranin bwt micropeel hbsnya bekasnya bopeng2 gt..
    Utk jerawat udh gx ada lagii..

    Aku liat tuk micropeelnya it 475rb..
    Dan yakin gx ckup hanya sekali tindakan doang,hrs ber xx kyknya..

    Klo mslah krim y cocok2 aja selama make..

    ReplyDelete
  70. Hallo..blognya detail banget jadi seneng bacanya.
    Mau tanya aja, aku udah perawatan di erha selama 3 bulan untuk ngilangin jerawat dan komedo.dan terakhir konsul kemarin,dokternya nyaranin peeling.kira2 ada efek samping gak sih soal peeling?soalnya aku pernah liat orang dipeeling terus mukanya merah kaya kepiting rebus dan sensitif sama matahari.thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. peeling misalkan ada jerawat kecil2 itu nanti diambilin sist, efeknya yah bikin merah tapi itu biar ga jd jerawat batu katanya klo diambil .. after itu muka jd bersih sih .. emg sama dokter disaranin klo keluar apalagi berpapasan lgsg sm matahari mulai dr jm 9an smpe jm 2an .. mknya dikasih tabis surya ^^

      Delete
  71. Ikutan nimbrungg yaahhh :D

    wadahh yg bagus nihh buat para cewe2 :D bisa saling sharing + kasih info

    Aku udh coba beberapa estetika yg itungannya "ternama" di kotaku "Semarang" .. dulu pernah pake natasha (dr jaman kuliah) sampe 2 taun tapi yah gt2 aja sih hslnya, tp muka emg ga ada jerawat sama sekali .. tz coba krim dr temen, awal pemaikaian bagus, muka lbh cerahan, tp wkt pemakaian kedua mukaku jd bruntusan .. tz berobet ke dr.Lewi (katanya ahli jerawat jg klo di daerahku) nyoba deh aku ksna, periksa tz dikasi bbrp krim + obat dalam, 2 minggu lgi disuruh kontrol ksna, udah ada perubahan apa blm .. tz dikasih krim lagi + obat dalem + tindakan peeling (jadi dalam 1 bln itu 2 kali konsul + 2 kali dikasih krim) alhasil "kok ga ngefek yah dimukaku" soalnya tmnku ada yg kasusnya sama tp bs hilang bruntusannya .. pindahh dehh aku ke clinic yg laen .. yg kali ini nmnya "clinic estetika" klinik ini jg terkenal cabangnya jg ada di jkt klo ga salah .. periksa disitu cocok, bruntusanku hilaaannnnggg ... cuma pke krim tanpa dikasih obat dalem .. tapii disitu dikasih tindakan lagii .. yaituu PEELINGG !! OMG, csantiikk ituu butuh pengorbanan (korban sakit + duitt) wkwkwkwkkk :D .. tapii hasil lebih dr estetika clinic ituu mukaku yg emg d dasarnya "oily" malahh bertambahh .. klo misal di siang harii, pas kluar malah sering dikira "keringetan" pdhl mukanya kena krim tz kinclong2 gt -.-

    cari2 info, ketemu dehh sama erha 21 clinic .. (recomended dr tmn jg, salah satu clinic yg bagus) awal periksa, bingung ditanbyain mw sama dktr siapa (ga ada yg tau silsilah dokter A, B, C nya) yaudah dehh akhirnya pilih dokter yg wkt itu ada dr. Kurniawan SpKK .. Dokternya welcome bgt .. masuk, ditanyain nmnya, keluahannya apa, after that dipriksalah, disinar, tz dokternya bilang .. wajah org kan ada yg "KERING" sama "BERMINYAK" tp msg2 ada positif negatifnya .. emang klo wajah berminyak lbh cepet kena jerawat tapi awet muda .. klo kering lbh cepet keriputnyaa .. Oooohhh,, baruu tauu dok :D tz dokternya bilang, ini saya buat normal yah jd ga terlalu berminyak tp jg ga kering .. tz dpt resep ini deh :

    ERHA 6 EVENING MOISTURIZER
    ERHA 3 BALANCING TONER
    CC 25
    ERHA 10 PRE PEEL
    ACNE MOISTURIZER GEL 2
    ERHA 11 PRE PEEL
    ACNE SUNSCREEN GEL
    ACNE CLEANSING SCRUB WITH BENZOIL

    Tz 2 minggu setelah itu pihak erha nya telp, ada keluhan ato engga ?? ada iritasi ato engga .. so far so good, mukaku bersih cuma kadang klo pas lg "dapet" nii jerawat muncul .. kdg muncul bruntusan jg .. tp klo hbs di kasih krim pre peel mengempes dy .. step by step sih .. klo instan malah jd tanda tanyaa :D

    klo mslh perawatan blm disaranin sm dktrnya, tz dikash home peeling ituu :D menunggu kontroll berikutnyaa :D

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Ak juga baru d erha batam 2 mnggu .. Trus jd stres liat muka brkerut . Trkelupas . Merah .. Kdng gatel .. Lama ga y proswa purgingny ? Jd putus asa liat muka . Pdhal awalny cuman jerawat sebiji . Rncana pngn halusin kulit wajah .. Gatau kalo ad proses purgingnya

    ReplyDelete
  74. Ak juga baru d erha batam 2 mnggu .. Trus jd stres liat muka brkerut . Trkelupas . Merah .. Kdng gatel .. Lama ga y proswa purgingny ? Jd putus asa liat muka . Pdhal awalny cuman jerawat sebiji . Rncana pngn halusin kulit wajah .. Gatau kalo ad proses purgingnya

    ReplyDelete
  75. aku juga ke erha pekanbaru dan hasilnya puas banget. awal kesana muka jerawatan dan kusam. kata dokternya sih jerawatnya udah meradang, jadi jerawatnya bengkak dibawah permukaan kulit, warnanya abu2 gitu kaya darah beku. setelah 5 bulan perawatan hasilnya bagus deh, jerawatnya hilang, tinggal merah2 dikit. untung dokternya g maksa buat micro peeling hehehe...sekarang lagi pake ACSBP, E3, AMG1, E7, CC25, E6, AG1 kalo jerawat ada yg muncul lagi, dan home peeling 1x seminggu.. :D :D :D

    ReplyDelete
  76. aq bingung nih mesti ke natasha ato erha, udah ga tahan bggt muka aku jusam n jerawat kecil-kecil banyak banget, gimana donk

    ReplyDelete
  77. aq bingung nih mesti ke natasha ato erha, udah ga tahan bggt muka aku jusam n jerawat kecil-kecil banyak banget, gimana donk

    ReplyDelete
  78. Pengen deh nyoba ke erha, cuma pas baca ² komen td kok banyak banget yg bilang kulit kusam sama ngelupas, apa setiap berobat ke erha semua pasien bakal ngalamin hal yg sama seperti pasien yg lain? Pengennya ngilangin bekas jerawat doang tapi takutnya nanti muka merah kalo kena matahari, kayak kepiting di rebus gitu,terus ketergantungan. Apa dokternya bisa mempertanggung jawabkan setiap tindakannya ?

    ReplyDelete
  79. hai, aku jga punya masalah jerawat. nah cuma lagi bingung nih, mau ke erha (katanya sih MAHAL) atau ke natasha (yg lebih MERAKYAT)? kondisi wajah aku saat ini sih jerawat nya udah ga begitu ada, cuma bekasnya itu loh, bikin kulit wajahku gak "rata" dan sangat oily. saranya dong ditunggu yaa :) makasiih sist. eh iya, share harga juga dong kalo bisa.

    ReplyDelete
  80. Aku mau nanya dung...aku punya masalah bekas jerawat yg hitam2 dan sama ada jerawat batu gitu..Aku pengen coba perawatan ke ERHA. bisa tolong kasih tips ga, untuk pertama kali perawatan. Terima kasih

    ReplyDelete
  81. Sis di erha Ada perawatan yang buat pori besar gak?

    ReplyDelete
  82. sis, sekarang perawatan di Erha berapa yaa? konsulnya berapa, dan rata2 krimnya berapa? :) salam kenal ya sis..

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. Ak bru 2 di natasha tpi mka ku jrwt ny nmbh prah ni sist kra2 klo ak cba dii erha nharuh gak ya??

    ReplyDelete
  85. Steroid appaan sih
    Soalx ak jg pake amg3 n AF 1 dr erha

    ReplyDelete
  86. Aku juga pake amg 3 sama aftss trus merah2 gt mukanya kaya iritasi semuka,trus kmaren konsul lagi di ganti krimnya jadi amg2 suruh di pake pagi siang malem selama 4 hari,tapi merahnya malah tambah,apa iya alergi steroid juga?

    ReplyDelete
  87. Aku juga pake amg 3 sama aftss trus merah2 gt mukanya kaya iritasi semuka,trus kmaren konsul lagi di ganti krimnya jadi amg2 suruh di pake pagi siang malem selama 4 hari,tapi merahnya malah tambah,apa iya alergi steroid juga?

    ReplyDelete
  88. Hi, aku mau sharing pengalamnku di Erha
    Aku udah mau 6 bulan di Erha pertama kali konsul 1 sept 2013 sampai sekarang hasil nya sangat memuas kan dulu pas pertama konsul itu muka ku jerawatan, berminyak, berkomedo, kulit gak rata dan jerawat merah" pokoknya kalo ngaca malu itu muka aku apa bukan haha kata dokter kalo Jerawat itu emang Numbuh gak numbuh artinya kadang keluar kadang juga nggak tapi yg di harus di permasalahkan kalo jerawatnya banyak apalagi merah" dan ada bekas nya
    Alhamdulillah setelah hampir 6 Bulan di Erha jerawat mulai kempes dan hilang sama bekasnya sampe sekarang kulit jadi halus gak berminyak lagi udah gak ada lagi yg namanya Komedo sampe banyak banget temen" yg bilang "eh kok lo gue perhatiin lama-lama makin ganteng" di dalam hati "yess yess gie berhasil" (lebay)

    Pokoknya hasil nya bagus banget deh
    Oya setiap 2 bulan harus konsul tapi waktu bulan ke 4(konsul ke 2x nya) aku gak sempet karna ada di luar kota bisanya pas setelahnya dan aku yakin kalo aku waktu itu konsul pasti wajah aku makin bagus

    Sekedar ngasih tau aja kalo aku perawatan di Erha tapi ke 2 kakak ku perawatan wajah nya di Natasha menurut saya ke dua nya sama" bagus tergantung tinggal yakinin aja mau ke Erha atau Natasha :D

    Saya saranin buat cari review lebih recommended natasha/erha dan nanya" ke teman-teman kalian apa lebih bagus ke Erha / Natasha

    ReplyDelete
  89. Dulu sebelum mutusin mau ke Erha, Natasha atau Dr. wong nanya" sama temen yg ke Natasha hasil nya bagus apa nggak dan juga cari Info dari Internet lebih bagus mana daaaann akhirnya milih Erha :D

    ReplyDelete
  90. Aku di dokter nurul hasilnya bagus ;-)
    Kalo pingin tahu snapshot hasil perawatan dokter nurul aku habis nulis di blog nih, semoga bermanfaat :-)
    chalwoo

    ReplyDelete
  91. sis. kalau pakai erha ketergantungan gak?

    ReplyDelete
  92. sis. kalau pakai erha ketergantungan gak?

    ReplyDelete
  93. Hai sist,aq juga mau sharing yaa..
    kmrn aq baru aja ke erha buat yg pertama kali nya..krna aq tb2 ada jerawat krna udh gak cocok lg pake cream sebelumnya.rasa nya gatel di dlm..dan skrg bekas nya jd item2.
    aq konsul sm dr.naomi di erha medan..
    aq dikasih resep..
    pagi:
    Acsbd facial wash
    amg2
    af4(wrna nya bening),af2(warna foundation,just in case klo harus pake make up)
    Acne powder

    Malam:
    Acsbd facial wash
    Ag2
    cc10
    dua krim itu dipake selangseling..

    sepengalaman sist,brp lama ya kira2 bekas item2 jerawat itu bs ilang?dr cream diatas,mana ya sistcream yg buat ilangin bekas jerawat&bikin muka cerah?
    Tks.sist..

    ReplyDelete
  94. Hi all, sorry sblmnya gak ad mksd apa2.. cm pengen sharing aj sma semua dsni.. q mantan pengguna erha jg. N sblm dr erha jg udh nyobain mcm2 klinik kecntikan d yogya sini.. well, cm pingin ingetin tmn2 aj.. klw pake krem dr klinik kecantikan d tanya dlu sma dkterx kandunganx apa aj.. saran nih, jgn pernah minta yg steroid y.. sbenerx sih boleh sih pake steroid slma pengwasan dkter n jgn di pake terus2n y.. maksimal hanya boleh 14 hari j y.. itu klw kondisi wajah lg meradang jerawatnya.. tp alangkah lebih baikx jgn mnta yg steroid.. msh bnyk anti inflamasi yg lain.. soalxsya sndri yg jd korban.. karna srg cuek n pokoknya wajah mulus, akhirnya wajah aku terkena steroid smpe bertahun2.. dan akhirnya, wajah makin menipis, bnyk bulu, bnyk telangiectasia (pembuluh darah yg telihat), n jewarat.. so, akhirnya aku berhenti dr erha.. emg sih wajah jd beruntusan.. itu efek addict akibat berhenti steroid.. tp tenang aj n sabar.. itu cm bbrp bln saja tergntung tipe kulit kita.. yg pnting bnyk2 asup antioksidan aja..ayo aware sma kosmetik yg kita pakai dr skrg.. drpda nyeselx belakangan... yg alami itu jauh lebih cantik loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba skrng gimana kondisi kulitnya stelah ga di erha lg? skrng utk perawtan pake apa? krn dgn keadaan cuaca/ozon skrng ini perawtan wajah itu or pake krim2 itu adlh suatu kbutuhn.ga bs dibilang ketergantungan. jd mau ga mau memang keluar rumah itu hrs pake krim ssuai jenis dn kondisi kulitnya. mba pake apa skrng?

      Delete
  95. wah....banyak banget plus dan minus-nya dri hasil pengamatan ttng perawatan dn pengobatan about JERAWAT di klinik Erha.... sempat mo ke Erha,tp brbagai macam testimoni pengobatan di Erha,jd mikir2 lagi dn benar harus banyak cari tau dl ke orng2 yg dh mmulai pngobatan di klinik itu. dan jg pastinya stiap kondisi dn tipe kulit orng itu brbeda2. ada yg cpt,mudah dn lancar sembuhnya tapi ada jg yg hrs ngadepin b2rapa rintangan dlm proses penyembuhannya. sbenarnya, bs sembuh/ga-nya gimna cr brpikir qt ajaa.. klo yakin, ga hrs ke erha/natasha,insyaAllah sembuh. mindset-nya aja hrs diubah. brpikir positif,pola hidup benar maka itu bakal ngbantu proses penyembuhan mau yg lg penyembuhan di Erha or di Natasha. utk yg dh sembuh,selamat yaa dn bagi yg belum jgn patah semangat... ;)

    ReplyDelete
  96. mba Madania keren banget hasil share nd testimoninya..ga smua mau or bs bgitu... mdh2n mnjadi salah satu amal ibadah mba dri hasil share-nya.sangat mmberi masukan dn ilmu. smoga smua yg lgi pngobatan di klinik yg sama dgn mba bs ngdapatin hasil yg positif jg kyk mba :). coz ga smua bruntung dpt kulit yg bagus. memang paling ribet sama kulit brjerawat. tp pasti sembuh asalkn positif thinking nd gaya hidup yg sehat ;)

    ReplyDelete
  97. sis saya udah pakai 2 minggu cream dari erha
    AMG2, AF1 siang
    erha 2 untuk facial foam
    AFT dan AL2 malam ... setelah pemakaian 2 minggu muka saya mengelupas parah, sampai skerang pun masih mengelupas.. kira-kira itu indikasi saya tidak cocok atau gimana ya ? kiraa2 smpai berapa lama batas waktu aman untuk pengelupasan kulit. tolong dijawab ya sis

    ReplyDelete
  98. Dokter dian itu ada dmn buka praktekny sis

    ReplyDelete
  99. salam knl sis .. sis amg2 gunanya ntuk ap ya? kt dr aq, ntuk mngecilkan pori2, tp kok mkin bsar ya?

    ReplyDelete
  100. ada yg kosul dengan dr shinta damayanti ga di erha pondok indah? bagus ga sih kira2

    ReplyDelete
  101. hai, mama ku sekitar kurang dari 1 bulan yg lalu ke ERHA cipinang Indah. Umurnya 45tahun. Aku mau tanya deh, Ko bukan mukannya tambah bagus malah jadi kemerah dan timbul jerawat2 gitu, dan mukannya rada gradakan. Padahal dia hanya niat treatment untuk agar kerutan-kerutannya memudar. Wajah merah dan timbulnya jerawat itu ga cocok atau memang itu salah satu prosesnya? menurut kalian harus lanjut atau udahan? Makasih banyak atas informasinya yaaa

    ReplyDelete
  102. Sis waktu muncul bruntusan biang keringet di area dahi hilang ngga dapet penanganan dari Erha? Soalnya aku jg pny keluhan seperti itu malah muncul di pipi kanan kiri banyak bgt. Kalau di Erha manjur pengen bgt kesana. Mohon infonya
    Kalau bisa send ke email ini sis tiaramaharani1994@yahoo.com thanks before :)

    ReplyDelete
  103. kak, kalo boleh tanya berenti dr natasha kenapa? aku juga di natasha tadinya, awal2 bagus banget aku seneng, tiba2 setahun kemudian natasha ngerombak cream total pake herbal2 gitu aku jd breakout parah terus berenti terus gatau ini mau gimana lagi :(

    ReplyDelete